OpenAI Luncurkan GPT Store, Tempat Baru Monetisasi Kreator AI!

author:

OpenAI Luncurkan GPT Store, Tempat Baru Monetisasi Kreator AI!

Inovasi terbaru dari OpenAI telah mengguncang dunia teknologi dengan peluncuran GPT Store, sebuah pasar aplikasi AI yang memungkinkan para kreator untuk menghasilkan uang dari karya mereka.

Dengan berbagai aplikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan spesifik, GPT Store membuka peluang baru bagi para pengembang untuk berkreasi dan berinovasi.

Monetisasi Aplikasi AI

openai gpt store
Tangkapan layar yang menunjukkan beberapa GPT di bawah bagian Dall-E – Sumber: OpenAI

OpenAI baru-baru ini mengumumkan rencana monetisasi bagi para pembuat aplikasi AI melalui GPT Store. Para pembuat aplikasi di Amerika Serikat akan mendapatkan pembayaran berdasarkan tingkat keterlibatan pengguna dengan aplikasi mereka.

Baca juga: Sam Altman Ungkap Rencana Besar untuk Revolusi OpenAI!

Program pembagian pendapatan ini dijadwalkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun ini, memberikan kesempatan bagi para kreator untuk mendapatkan penghasilan dari karya mereka. GPT Store sendiri menawarkan berbagai aplikasi yang dikategorikan dalam delapan segmen, termasuk pendidikan, gaya hidup, dan pemrograman.

Aplikasi tersebut dirancang untuk meningkatkan produktivitas, membantu dalam penulisan dan desain, serta menyediakan asisten virtual untuk berbagai kebutuhan. Dengan adanya GPT Store, OpenAI berharap dapat mendorong lebih banyak inovasi dan kreativitas di antara para pengembang aplikasi AI.

Pasar Baru untuk Aplikasi Chatbot

openai gpt store
Tangkapan layar yang menunjukkan beberapa GPT di bawah bagian penelitian dan analisis – Sumber: OpenAI

GPT Store, yang sering dibandingkan dengan App Store milik Apple, telah menjadi wadah bagi pengembang untuk membeli dan menjual agen chatbot yang disesuaikan. Ini memungkinkan pengguna ChatGPT Plus untuk menawarkan dan memonetisasi berbagai alat yang lebih luas.

Aplikasi chatbot yang tersedia bisa dikembangkan dengan kepribadian atau tema tertentu, seperti negosiasi gaji, pembuatan rencana pelajaran, atau pengembangan resep. OpenAI telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dengan produk unggulannya, ChatGPT, yang meraih 100 juta pengguna dalam beberapa bulan.

Dengan peluncuran GPT Store, OpenAI tidak hanya memperluas jangkauan produknya tetapi juga memberikan platform bagi para pengembang untuk mengeksplorasi dan memanfaatkan potensi AI secara lebih luas.

Baca juga: OpenAI Dikabarkan Mengejar Valuasi $100 Miliar dalam Dunia AI!

Demokratisasi Pembuatan Aplikasi AI

GPT Store memudahkan siapa saja untuk membuat aplikasi chatbot AI tanpa memerlukan pengalaman pemrograman. Pengembang cukup mengetikkan kemampuan yang diinginkan dari GPT mereka, dan alat pembuat GPT dari OpenAI akan mencoba membuat chatbot yang didukung AI. Ini membuka peluang bagi lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam pembuatan aplikasi AI.

Sebelum dapat memasarkan GPT mereka di GPT Store, pengembang harus memverifikasi profil pengguna mereka dan menyerahkan aplikasi mereka untuk ditinjau oleh sistem baru OpenAI. Ini melibatkan kombinasi tinjauan manusia dan otomatis untuk memastikan kepatuhan terhadap syarat dan ketentuan perusahaan.

OpenAI berencana untuk memberikan detail lebih lanjut tentang kriteria pembayaran untuk program pendapatan pembuat GPT di masa mendatang.

Secara keseluruhan, peluncuran GPT Store oleh OpenAI menandai babak baru dalam evolusi AI, di mana kreativitas dan inovasi tidak hanya dihargai tetapi juga diberi kesempatan untuk berkembang.

Hal tersebut adalah langkah maju yang signifikan bagi komunitas pengembang dan pengguna AI, yang kini memiliki platform untuk berbagi dan memonetisasi aplikasi AI mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: