OpenAI Incar Triliunan Dolar untuk Pengembangan Chip AI

OpenAI Incar Triliunan Dolar untuk Pengembangan Chip AI

OpenAI, perusahaan riset kecerdasan buatan (AI) terkemuka, dilaporkan tengah mencari pendanaan triliunan dolar untuk pengembangan chip AI. CEO OpenAI, Sam Altman, sedang dalam pembicaraan dengan investor di seluruh dunia untuk mengumpulkan dana guna mengembangkan chip semikonduktor, dengan target sekitar $5-7 triliun.

Proyek ini bertujuan untuk mengatasi kendala penskalaan perusahaan dan kelangkaan chip yang dibutuhkan untuk sistem AI tingkat tinggi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

OpenAI Membutuhkan Dana Triliunan Dolar

sam altman dipecat openai
Sumber: Bloomberg

Altman mengajukan kerja sama dengan investor, pembuat chip, dan penyedia energi, dengan OpenAI setuju untuk menjadi pelanggan utama pabrik-pabrik baru. Inisiatif ini akan membutuhkan partisipasi dari berbagai pemangku kepentingan secara global, termasuk pemerintah.

Microsoft, pemegang saham mayoritas OpenAI, mengetahui dan mendukung upaya penggalangan dana tersebut. Para pemain kunci lainnya di industri ini, seperti SoftBank, perusahaan fabrikasi chip, dan Uni Emirat Arab, juga terlibat dalam diskusi dengan Altman.

Selain itu, artikel tersebut menyebutkan kepemimpinan pasar Nvidia dalam chip komputasi AI dan masuknya Meta ke pasar chip AI dengan chip terbarunya, “Artemis.”

Baca Juga: Sam Altman Ungkap Rencana Besar untuk Revolusi OpenAI!

Kendala Penskalaan dan Kelangkaan Chip

openai hibah 1 juta dolar
Sumber: Endadget

OpenAI menghadapi kendala penskalaan dalam pengembangan model AI yang lebih besar dan lebih canggih. Model-model ini membutuhkan daya komputasi yang sangat besar, dan chip AI khusus diperlukan untuk melatih dan menjalankan model-model tersebut secara efisien.

Namun, saat ini terdapat kelangkaan chip AI yang sesuai dengan kebutuhan OpenAI. Hal ini menghambat kemampuan perusahaan untuk mengembangkan dan menerapkan teknologi AI terbaru.

Baca Juga: OpenAI Luncurkan GPT Store, Tempat Baru Monetisasi Kreator AI!

Kemitraan dengan Investor dan Pemangku Kepentingan

Untuk mengatasi kendala ini, OpenAI berencana untuk menjalin kemitraan dengan investor, pembuat chip, dan penyedia energi. Investor akan menyediakan dana yang dibutuhkan untuk membangun pabrik-pabrik chip baru, sementara pembuat chip akan bertanggung jawab untuk memproduksi chip sesuai dengan spesifikasi OpenAI.

Penyedia energi akan memastikan pasokan daya yang cukup untuk pabrik-pabrik chip tersebut. OpenAI berharap bahwa melalui kemitraan ini, perusahaan dapat mengatasi kendala penskalaan dan kelangkaan chip, serta mempercepat pengembangan teknologi AI.

Kesimpulan

Microsoft, sebagai pemegang saham mayoritas OpenAI, mendukung upaya penggalangan dana tersebut. Microsoft menyadari pentingnya pengembangan AI dan melihat investasi dalam chip AI sebagai langkah strategis untuk memperkuat posisi perusahaan dalam persaingan teknologi global. Microsoft juga berencana untuk menggunakan chip AI yang dikembangkan oleh OpenAI dalam berbagai produk dan layanannya, termasuk Azure, Bing, dan Office.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi