OpenAI dan G42 Berkolaborasi, Revolusi AI di Timur Tengah Dimulai!

author:

OpenAI dan G42 Berkolaborasi, Revolusi AI di Timur Tengah Dimulai!

OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan (AI) ternama dari AS yang dikenal sebagai pencipta ChatGPT, telah mengumumkan kemitraan strategis dengan G42, perusahaan AI terkemuka di Uni Emirat Arab (UEA). Kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas pengaruh AI di berbagai sektor di Timur Tengah, termasuk keuangan, energi, kesehatan, dan layanan publik.

Kemitraan Strategis untuk Masa Depan AI

openai berkolaborasi dengan g24 dubai
Sumber: Arabian Business

OpenAI dan G42 berencana untuk memanfaatkan model AI generatif OpenAI di berbagai sektor yang menjadi keahlian G42. Organisasi di UEA dan wilayah lain yang menggunakan solusi bisnis G42 kini diharapkan dapat lebih mudah mengintegrasikan kemampuan AI canggih ke dalam bisnis mereka.

Baca juga: OpenAI Siapkan Alat Deteksi Gambar AI dan Kemungkinan Peluncuran GPT-5!

Sam Altman, CEO OpenAI, menyatakan bahwa koneksi G42 di industri dapat membantu menyediakan solusi AI yang sesuai dengan nuansa kawasan tersebut. Kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan AI generatif di seluruh dunia.

Lebih lanjut, kemitraan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah UEA untuk memperkuat ekosistem teknologinya dan memposisikan diri sebagai kekuatan internasional dalam inovasi AI.

Infrastruktur dan Regulasi AI yang Ditingkatkan

Kemitraan ini akan mendapatkan manfaat dari infrastruktur AI yang ada di UEA, termasuk pusat data Microsoft Azure. G42 berencana memanfaatkan sumber daya ini sebagai bagian dari platform AI-nya untuk meningkatkan adopsi di kawasan tersebut.

G42 juga telah bekerja sama dengan Cerebras Systems, perusahaan AI asal AS, untuk mengembangkan superkomputer terbesar di dunia untuk pelatihan AI. Tujuan kemitraan ini juga untuk mendukung pengembangan regulasi dan tata kelola AI di kawasan tersebut.

Selama kunjungannya ke Abu Dhabi, Sam Altman menyatakan dukungannya untuk regulasi internasional terhadap kemajuan AI. Ia memuji adopsi dini UEA terhadap AI dan pendekatan proaktif mereka terhadap diskusi tentang topik ini.

Baca juga: Inggris akan Mendiskusikan Potensi Ancaman AI pada KTT November 2023

Tonggak Sejarah Penting Penting untuk Pencipta ChatGPT, OpenAI

Kemitraan ini mewakili tonggak sejarah penting bagi OpenAI, yang didirikan pada tahun 2015 dengan tujuan untuk menyelaraskan AI dengan nilai-nilai manusia dan memberi manfaat bagi kemanusiaan.

Selama bertahun-tahun, OpenAI telah muncul sebagai pemain utama di bidang AI, terutama setelah meluncurkan ChatGPT.

OpenAI tetap berkomitmen untuk mempromosikan aksesibilitas dengan menawarkan alat seperti ChatGPT Playground, yang memungkinkan siapa saja untuk berinteraksi dengan model mereka. Kemitraan dengan G42 diharapkan dapat memperluas kehadiran OpenAI di Timur Tengah dan lebih jauh lagi.

Pada akhirnya, kemitraan antara OpenAI dan G42 tidak hanya menandai langkah maju dalam adopsi AI di Timur Tengah, tetapi juga menunjukkan potensi besar dari kolaborasi internasional dalam memajukan teknologi.

Dengan kedua perusahaan yang berkomitmen untuk membawa solusi AI yang inovatif dan berdampak, masa depan AI di kawasan ini tampaknya cerah.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: