Tak Lagi Hanya di Web! ChatGPT Kini Tersedia di iOS, Android Segera!

Tak Lagi Hanya di Web! ChatGPT Kini Tersedia di iOS, Android Segera!

Pada 18 Mei 2023, OpenAI, pemimpin dalam inovasi kecerdasan buatan (AI), baru saja meluncurkan aplikasi ChatGPT di iOS dan juga berencana untuk meluncurkan versi Android di masa mendatang.

Aplikasi ini gratis, yang bisa menyinkronkan riwayat obrolan dengan web, dan dilengkapi dengan input suara yang didukung oleh model pengenalan suara open-source Whisper milik OpenAI. Aplikasi ini dapat diunduh dari App Store dan akan tersedia di beberapa negara dalam beberapa minggu mendatang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ChatGPT: AI Chatbot yang Guncang Dunia

chatgpt di ios
Tangkapan layar aplikasi ChatGPT di App Store. Sumber: Apple

ChatGPT telah menarik minat luar biasa sejak peluncurannya pada November tahun lalu. Estimasi dari pihak luar mengatakan bahwa aplikasi ini telah menarik lebih dari 100 juta pengguna hanya dalam beberapa bulan.

Meski OpenAI tidak mengonfirmasi angka ini, jelas bahwa ChatGPT telah mendapatkan popularitas yang luar biasa dalam waktu yang sangat singkat. Dengan meluncurkan aplikasi ini di platform mobile, OpenAI membawa teknologi ini lebih dekat ke pengguna sehari-hari.

Baca Juga: OpenAI ChatGPT Tambahkan Fitur Baru, Jadi Saingan Google Bard dan Microsoft Bing?

Fitur dan Keunggulan Aplikasi ChatGPT

Dilansir dari The Verge, aplikasi ini menawarkan sejumlah fitur dan keunggulan yang membuatnya menonjol. Misalnya, pada bulan Februari, OpenAI meluncurkan layanan berlangganan premium untuk aplikasi ini, ChatGPT Plus, yang menawarkan akses prioritas dan respons yang dihasilkan menggunakan model bahasa terbaru mereka, GPT-4.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan input suara yang didukung oleh model pengenalan suara Whisper milik OpenAI, memberikan kemudahan dan fleksibilitas tambahan bagi penggunanya.

Baca Juga: Saingi ChatGPT, Elon Musk Bakal Luncurkan Platform AI ‘TruthGPT’!

Isu Privasi dan Akurasi Informasi

Seperti layaknya teknologi AI, ChatGPT juga menghadapi beberapa tantangan. Salah satu masalah utama adalah kecenderungan bot ini untuk menciptakan informasi dengan percaya diri, yang dapat menyebabkan penyebaran informasi yang tidak akurat.

Selain itu, ada juga kekhawatiran tentang privasi. OpenAI baru-baru ini memberi pengguna opsi untuk menjadikan percakapan mereka pribadi, namun masih mengingatkan pengguna untuk tidak berbagi informasi sensitif pada aplikasi.

Meski menghadapi tantangan, peluncuran aplikasi ChatGPT di iOS merupakan langkah penting dalam memperluas akses ke teknologi percakapan AI. Aplikasi ini membuka pintu ke era baru dalam interaksi AI, dan dengan rencana peluncuran versi Android, kemungkinannya semakin tak terbatas.

Referensi: