Ingin Lepas dari Microsoft, OpenAI Berencana Membuat Chip AI Sendiri!

author:

Ingin Lepas dari Microsoft, OpenAI Berencana Membuat Chip AI Sendiri!

OpenAI, perusahaan di balik ChatGPT, dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk membuat chip AI sendiri. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk mengatasi kelangkaan chip AI global yang menjadi tulang punggung revolusi AI. Apakah ini pertanda OpenAI mulai melepaskan diri dari Microsoft?

Langkah OpenAI Mengatasi Kelangkaan Chip AI

OpenAI dikabarkan sedang merencanakan pembuatan chip AI sendiri. Menurut laporan Reuters, perusahaan ini bahkan telah membahas kemungkinan akuisisi produsen chip untuk membantu proses yang akan memakan biaya dan waktu yang sangat besar.

Baca juga: Uni Eropa Siapkan Regulasi Ketat Baru untuk Model AI Besar, Apakah Startup Terancam?

Chip AI seperti H100 milik Nvidia adalah sumber daya paling berharga di dunia teknologi saat ini, karena sangat penting untuk melatih model bahasa besar yang menjadi tenaga penggerak ChatGPT. Kekurangan chip ini telah memicu persaingan ketat di antara raksasa teknologi seperti Meta dan Microsoft untuk mengembangkan chip mereka sendiri.

Jika OpenAI bergabung dalam persaingan ini, biaya operasional ChatGPT yang sangat tinggi bisa turun. Seorang analis memperkirakan biaya operasional ChatGPT bisa mencapai $700.000 per hari.

OpenAI dan Microsoft: Jarak yang Semakin Membesar?

dalle 3 openai

Langkah OpenAI ini juga menunjukkan adanya perbedaan arah antara OpenAI dan Microsoft. Microsoft, yang telah berinvestasi $10 miliar di OpenAI pada awal 2023, berusaha mengurangi ketergantungannya pada OpenAI dengan mengembangkan model bahasa besar sendiri.

Namun, sumber anonim mengatakan kepada Information bahwa Microsoft telah memerintahkan peneliti mereka untuk membuat alternatif yang lebih kecil dan murah untuk model GPT OpenAI. Hal ini dilakukan setelah Microsoft khawatir dengan biaya yang semakin meningkat dari model seperti ChatGPT.

Baca juga: OpenAI Luncurkan Panduan untuk Tenaga Pendidik: Penggunaan ChatGPT di Kelas!

OpenAI: Masa Depan Chip AI?

OpenAI belum memberikan komentar resmi mengenai rencana ini. Namun, jika OpenAI memutuskan untuk membuat chip AI sendiri, ini akan menjadi langkah besar bagi perusahaan. Mereka akan bergabung dengan perusahaan teknologi besar lainnya seperti Google dan Amazon yang telah merancang chip mereka sendiri.

Namun, pembuatan chip AI sendiri bukanlah tugas yang mudah. Ini membutuhkan tingkat keahlian dan sumber daya yang sangat besar. OpenAI mungkin perlu waktu yang sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan GPT-4, yaitu lima tahun.

Meski belum ada kepastian, langkah OpenAI ini menunjukkan bahwa perusahaan ini serius dalam mengatasi kelangkaan chip AI. Jika berhasil, ini bisa menjadi langkah awal OpenAI untuk merdeka dari Microsoft dan menjadi pemain utama dalam industri chip AI.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi