OpenZeppelin Luncurkan Defender 2.0: Keamanan Blockchain yang Lebih Kuat dan Terintegrasi!

OpenZeppelin Luncurkan Defender 2.0: Keamanan Blockchain yang Lebih Kuat dan Terintegrasi!

OpenZeppelin, perusahaan yang berfokus pada keamanan blockchain, baru-baru ini meluncurkan Defender 2.0. Versi terbaru dari platform keamanan ini dirancang untuk mendukung seluruh siklus hidup pengembangan aplikasi blockchain, mulai dari pengkodean, audit, penyebaran, hingga pemantauan.

“Tujuan akhir Defender 2.0 adalah membantu pengembang membuat smart contract mereka seaman mungkin di semua tahapan—dari pengembangan hingga penyebaran dan produksi,” kata Demian Brener, Pendiri OpenZeppelin, dikutip dari Cryptonews, Rabu (30/8/2023). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Empat Komponen Utama

Defender 2.0 terdiri dari empat komponen utama.

Pertama adalah Modul Kode, yang menawarkan analisis kode otomatis menggunakan alat pembelajaran mesin untuk mengidentifikasi kerentanan dan menyarankan perbaikan.

Kedua adalah Modul Audit, yang memfasilitasi komunikasi antara pengembang dan auditor, berfokus pada bug kritis dan memberikan rekomendasi yang dapat dijalankan.

Ketiga adalah Modul Penyebaran, yang membantu memastikan penyebaran kontrak pintar yang aman.

Keempat adalah Modul Monitor, Tanggapi, dan Operasikan, yang memungkinkan tim untuk mendeteksi dan merespons ancaman potensial secara instan.

Baca Juga: Laporan Kuartal Kedua 2023: Industri Smart Contract Terus meningkat di Tengah Penurunan Pasar

Dampak pada Keamanan DeFi

keamanan defi openzeppelin
Sumber: Moralis Academy

Dengan meningkatnya serangan dan eksploitasi di ruang DeFi, Defender 2.0 datang sebagai solusi tepat waktu. “Masalah keamanan blockchain telah menyebabkan adopsi teknologi yang benar-benar luar biasa ini menjadi lebih lambat dari yang seharusnya,” kata Roy Zanbel, kepala produk untuk OpenZeppelin, dikutip dari Cryptonews, rabu (30/8/2023).

Platform ini mendukung lebih dari 30 blockchain, termasuk Ethereum, Polygon, dan Base, dan bertujuan untuk menjadi “standar untuk keamanan,” menurut Michael Lewellin, kepala keamanan OpenZeppelin.

Baca Juga: Revolusi Etherscan dengan OpenAI, Tool Cerdas untuk Analisis Kode Smart Contract Ethereum!

Kesimpulan dan Prospek Masa Depan

Dengan peluncuran Defender 2.0, OpenZeppelin tidak hanya meningkatkan keamanan di ruang blockchain tetapi juga memfasilitasi proses pengembangan bagi ribuan pengembang aktif setiap bulannya. Ini adalah langkah maju yang signifikan dalam upaya memperkuat keamanan di ekosistem blockchain dan DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: