OpenSea Dukung Standar Royalti NFT ERC-721C, Bagaimana Cara Kerjanya?

OpenSea Dukung Standar Royalti NFT ERC-721C, Bagaimana Cara Kerjanya?

Jakarta, Pintu News – OpenSea, salah satu platform perdagangan NFT terkemuka, telah memperkenalkan standar token ERC-721C dalam sistemnya yang memungkinkan kreator koleksi NFT untuk memberlakukan royalti mereka dengan mudah. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Dukungan OpenSea untuk Standar Royalti NFT ERC-721C

Pada tanggal 2 April, sebuah solusi diusulkan untuk mengatasi masalah perdagangan NFT. Ini melibatkan penautan ketentuan transfer token di berbagai platform. Dengan cara ini, artis dapat melindungi pendapatan mereka secara lebih efektif. Standar ERC-721C, yang diperkenalkan oleh perusahaan game blockchain terkemuka Limit Break, menyederhanakan proses memastikan pembayaran untuk kreator.

Ini mencegah penyalahgunaan di kedua arah dengan tidak mengizinkan pengguna untuk memperdagangkan NFT setelah mencetaknya menggunakan dompet penyimpanan mandiri atau platform yang tidak diatur. Pemilik NFT sekarang dapat mengamankan pendapatan palsu dengan satu klik.

Baca Juga: Cara Membuat Akun NFT di OpenSea: Panduan Lengkap untuk Pemula

Bagaimana Cara Kerja Standar ERC-721C?

cara kerja erc 721-c
Sumber: Coincu

ERC-721C, yang ditangani oleh perusahaan game blockchain Limit Break pada bulan Mei lalu, menstandardisasi ketentuan transfer token seperti hak cipta di semua saluran dan bertujuan untuk menyelesaikan masalah perdagangan NFT.

Sebelum langkah ini, pengguna dapat dengan mudah melewati komisi royalti kreator di pasar sekunder seperti OpenSea dan Blur dengan mentransfer NFT melalui dompet penyimpanan mandiri atau bahkan pasar NFT lain yang tidak mematuhi persyaratan hak cipta kreator.

Limit Break menyebutkan hal berikut dalam posting Medium: “Dalam jangka panjang, ini memungkinkan transaksi perdagangan bebas biaya dan hak cipta opsional untuk diberi insentif dengan acara airdrop dan secara efektif mengubah token yang dimaksudkan untuk tidak dapat diubah menjadi proksi untuk token yang dapat dipertukarkan. Investor didorong untuk mengumpulkan aset melalui transaksi perdagangan cuci antara dompet mereka sendiri, yang buruk bagi industri NFT.”

Baca Juga: Hemat Gas Fee hingga 5% di OpenSea dengan Peluncuran Seaport 1.6!

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Standar ERC-721C?

Pengembang OpenSea menyatakan bahwa kompatibilitas untuk ERC-721C diaktifkan hanya dengan peningkatan Dencun jaringan Ethereum pada tanggal 13 Maret.

Platform tersebut menyatakan sebagai berikut: “Jika Anda menerapkan penghasilan kreator konten Anda sesuai dengan langkah-langkah di atas, penjualan hanya akan didukung di pasar lain yang didukung oleh OpenSea dan prosesor pembayaran LimitBreak.”

Setelah penerapan kontrak ERC-721C di OpenSea, kreator konten dapat terus membuat daftar karya kripto mereka secara manual di pasar lain, tetapi OpenSea akan mencocokkan biaya royalti terendah yang ditetapkan oleh kreator konten di platform lain.

Fitur ini juga kompatibel dengan Seaport 1.6 OpenSea, yang memprogram NFT untuk dijual hanya dalam kondisi tertentu, seperti metadata yang berubah sebagai respons terhadap volume penjualan. Meskipun sebagian besar atas kebijakan kreator, biaya royalti NFT biasanya berkisar antara 2,5% hingga 10% per penjualan. 10 koleksi NFT teratas telah berhasil memperoleh lebih dari $345 juta dalam pendapatan royalti sejak awal.

Kesimpulan

Dengan diperkenalkannya standar ERC-721C, kreator NFT kini dapat lebih mudah melindungi pendapatan mereka dan memastikan bahwa mereka menerima kompensasi yang adil atas karya mereka. OpenSea telah mengambil langkah penting dalam mendukung kreator NFT dan membantu membangun ekosistem NFT yang lebih berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi