Open Interest Bitcoin Kembali Melonjak Tajam Hingga $840 Juta!

author:

Open Interest Bitcoin Kembali Melonjak Tajam Hingga $840 Juta!

Dilansir dari Crypto Basic (2/1/23), Bitcoin kembali menjadi pusat perhatian setelah tercatat peningkatan open interest lebih dari $840 juta dalam 24 jam terakhir. Lonjakan ini menandakan optimisme pasar yang tumbuh dan memicu likuidasi besar-besaran bagi para bearish yang bertaruh pada penurunan nilai mata uang digital ini.

Lebih lanjut, kenaikan tajam ini menunjukkan sentimen bullish yang semakin kuat terhadap Bitcoin, mendorong para investor untuk menyesuaikan strategi investasi mereka.

Lonjakan Open Interest dan Likuidasi Market Bearish

open interest bitcoin
Sumber: X

Data terbaru dari Arkham Intelligence menunjukkan lonjakan signifikan dalam open interest Bitcoin, yang merupakan indikator jumlah kontrak futures atau opsi Bitcoin yang belum diselesaikan di pasar.

Baca juga: Bitcoin Melonjak, Saham Coinbase dan MicroStrategy Ikut Terbang Tinggi!

Kenaikan mendadak ini telah menyebabkan likuidasi sebesar $73,3 juta pada posisi short, yang merujuk pada investor yang memprediksi penurunan nilai Bitcoin. Fenomena ini menimbulkan kegembiraan di pasar karena mengindikasikan sentimen bullish yang tumbuh terhadap Bitcoin.

Lonjakan open interest ini terjadi bersamaan dengan Bitcoin yang menembus angka $45.000, mencapai titik tertinggi baru dalam 52 minggu terakhir. Bitcoin memulai tahun dengan kenaikan harga yang sangat mengesankan, dan dalam waktu kurang dari 48 jam, harganya telah melonjak sebesar 7,46% menjadi $45.618.

Dengan rally yang mengesankan ini, kapitalisasi pasar Bitcoin melonjak hingga $895.633.686.181, dengan volume perdagangan juga meningkat lebih dari 131% menjadi $34.861.672.193.

Bitcoin dan Aset Kripto Lainnya Ikut Meroket

open interest brc-20 dan ordi
Sumber: X

Bitcoin tidak sendirian dalam tren positif ini, aset-aset top lainnya yang dibangun di atas blockchain juga ikut meroket. Menurut postingan Arkham Intelligence, dalam 24 jam terakhir, token BRC-20 top, termasuk ORDI, telah melonjak sebesar 14,2% menjadi $85,73, sementara SATS naik 9,4% dengan harga mencapai $0,0007915.

Baca juga: Open Interest (OI) Bitcoin dan Ethereum Menunjukkan Sinyal Bullish Menjelang Tahun 2024!

Open interest pada ORDI juga melonjak hingga 50% dari $304 juta menjadi $478 juta seiring dengan rally yang memicu masuknya modal besar-besaran. Antusiasme pasar terhadap kemungkinan persetujuan Bitcoin spot ETF semakin meningkat dan diduga turut berkontribusi pada pertumbuhan open interest Bitcoin hari ini.

Meskipun jendela persetujuan diperkirakan hanya beberapa hari lagi, terdapat ketidaksepakatan di kalangan pemimpin komunitas bahwa SEC Amerika Serikat mungkin akan menunda persetujuan tersebut. Namun, investor tetap memanfaatkan prospek masa depan yang menjanjikan untuk mengambil posisi besar dalam koin ini ke depannya.

Lonjakan open interest ini juga didukung oleh sentimen bullish seputar Bitcoin halving, sebuah event deflasi on-chain yang dianggap sebagai pendorong alami untuk pertumbuhan harga BTC dan altcoin lain yang berkorelasi dengan mata uang kripto utama ini.

Kesimpulannya, pergerakan pasar Bitcoin saat ini menunjukkan dinamika yang positif dan menarik bagi para investor. Dengan adanya peristiwa penting seperti Bitcoin halving dan potensi persetujuan Bitcoin spot ETF, masa depan Bitcoin tampak cerah dan menjadi topik hangat di kalangan investor dan pengamat pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: