Revolusioner! Open Campus Kucurkan Dana untuk Pendidikan Web3 Senilai Rp149 Miliar

author:

Revolusioner! Open Campus Kucurkan Dana untuk Pendidikan Web3 Senilai Rp149 Miliar

Open Campus, sebuah organisasi pendidikan berbasis blockchain, meluncurkan Dana Pendidik Global senilai $10 juta (Rp149 miliar) untuk mendukung pembuatan konten pendidikan berbasis Web3 oleh para guru.

Dana ini akan dibayarkan dalam token cryptocurrency $EDU milik Open Campus. Hal ini merupakan kali pertama sebuah organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) mengalokasikan dana untuk pembuat konten pendidikan. Simak beritanya lebih lanjut, yuk!

Peluncuran Dana Pendidik Global Rp149 Miliar oleh Open Campus

open campus luncurkan dana untuk pendidikan web3
CoinMarketCap

Open Campus, dalam kolaborasi dengan TinyTap, Animoca Brands, GEMS Education, Liberty City Ventures, dan banyak lagi, meluncurkan Dana Pendidik Global senilai $10 juta (Rp149 miliar) pada Mei 2023. Tujuan dari dana ini adalah untuk mendanai guru dan produsen konten dalam menciptakan materi pendidikan dengan menggunakan metode terdesentralisasi.

Animoca Brands, pelopor dalam permainan Web3 dan Metaverse, pada 15 Mei 2023 lalu mengumumkan bahwa mereka telah menyumbangkan dana untuk Dana Pendidik Global yang didirikan oleh Open Campus Protocol untuk mendukung pendidikan dengan memperkenalkan solusi berbasis Web3.

Baca juga: Gimana Game Triple-A Web3 di Tahun 2024? Ini Prediksi CEO Animoca Brands!

Dana ini bertujuan untuk mendorong bidang studi yang melengkapi kurikulum standar (seperti kecerdasan emosional, keterampilan hidup, dll) yang mungkin tidak mendapatkan cukup dana dari sekolah atau pemerintah. Kursus-kursus akan ditokenisasi dan dipasarkan sebagai Publisher NFTs, yang akan dicetak dalam EDU. Selain itu, dana yang dibagi dengan penulis, co-publisher, mitra, dan DAO juga akan dinominasikan dalam EDU.

Pemungutan Suara Komunitas untuk Menentukan Penerima Dana

Komunitas melakukan pemungutan suara pada putaran pertama proposal Dana Pendidik Global pada 15 Juni 2023 kemarin untuk menentukan bagaimana organisasi, yang didukung oleh mitra seperti TinyTap dan Animoca Brands, akan mendistribusikan putaran pertama dana dari kolam $10 juta.

Materi pendidikan yang menggunakan berbagai multimedia telah diajukan oleh pendidik dari seluruh dunia. Set pertama dari sepuluh kontribusi dibahas dan dipilih oleh DAO pada 15 Juni 2023. Lebih dari 300 konsep diajukan untuk ditinjau oleh komunitas, dan DAO mendapatkan kesempatan untuk memilih setiap yang memenuhi syarat. Pemenang pertama Dana Pendidik Global akan diumumkan setelah pemungutan suara pada 22 Juni 2023 mendatang.

Kursus yang diajukan mencakup berbagai subjek pendidikan, termasuk pengajaran bahasa Inggris untuk siswa pra-sekolah, pengajaran siswa disleksia, konsep waktu, matematika dasar, dan banyak lagi.

Pada 22 Juni 2023 nanti, pemungutan suara DAO akan menentukan penerima hibah pertama dari Dana Pendidik Global, menjadikannya proyek pendidikan web3 yang ambisius pertama kali. Berdasarkan Pedoman Ideasi dan kriteria seleksi Dana Pendidik Global yang disediakan di situs web, Administrator DAO telah memilih sepuluh pengajuan pertama.

Dampak dan Harapan untuk Masa Depan Pendidikan Web3

Dengan meluncurkan Dana Pendidik Global dan menggunakan DAO untuk mengalokasikan dana, Open Campus dan mitranya menunjukkan komitmen mereka untuk merevolusi sektor pendidikan. Inisiatif ini menandai pergeseran paradigma dalam alokasi dana untuk inisiatif pendidikan, karena memanfaatkan kekuatan blockchain dan desentralisasi.

Pembuat kursus akan mempertahankan hak properti digital mereka, memastikan bahwa semua pendidik mengendalikan properti kreatif mereka dan bahwa mereka akan dibayar untuk itu dengan dana hibah. Ini memberikan pengalaman kepada guru dalam hak properti digital dan memungkinkan mereka untuk menghasilkan uang ketika dijual ke entitas lain.

Baca juga: Survei: Meski Takut Risiko, 31% Pemuda Australia Pegang Cryptocurrency

Tidak hanya itu, pendekatan ini menunjukkan bagaimana teknologi blockchain dan konsep DAO dapat digunakan untuk mendemokratisasi pendidikan dan memberdayakan guru dan pembuat konten. Dengan memberikan dana dan dukungan kepada guru untuk menciptakan konten pendidikan berkualitas tinggi, Open Campus berharap dapat mendorong inovasi dan peningkatan dalam pendidikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: