OneCoin: Skema Penipuan yang Menipu Investor Crypto Sekitar $4 miliar

OneCoin: Skema Penipuan yang Menipu Investor Crypto Sekitar $4 miliar

Mantan kepala legal dan kepatuhan OneCoin, Irinia Dilkinska, telah meminta untuk dijatuhi hukuman waktu yang telah dijalani atas keterlibatannya dalam skema OneCoin. Pengacaranya, John Buza, mengajukan nota hukuman ke Pengadilan Distrik Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York, dengan alasan keringanan hukuman berdasarkan peran unik dan keadaan pribadinya.

Dilkinska mengaku bersalah atas pencucian uang untuk OneCoin, skema crypto penipuan yang menipu investor crypto sekitar $4 miliar. Salah satu pendiri Karl Sebastian Greenwood dan Ruja Ignatova juga terlibat, dengan Greenwood sudah dijatuhi hukuman 20 tahun penjara.

Pembelaan bersalah Dilkinska membawa hukuman potensial maksimal 10 tahun penjara. Tim hukumnya menekankan perilaku baik dan dukungan keluarganya dalam pembelaan mereka untuk hukuman waktu yang telah dijalani. Konstantin Ignatov, saudara laki-laki Ruja Ignatova, menerima hukuman waktu yang telah dijalani sebelumnya.

Peran Dilkinska dalam Skema OneCoin

Peran Dilkinska dalam Skema OneCoin
Finance Magnates

Dilkinska mengaku melakukan pencucian uang untuk OneCoin di bawah salah satu pendiri Karl Sebastian Greenwood dan Ruja Ignatova, yang dikenal sebagai ‘Cryptoqueen.’

Baca Juga: Shiba Budz Melonjak 420%, Menjadi Saingan Baru di Dunia Meme Coin!

OneCoin, didirikan pada tahun 2014, terungkap sebagai skema crypto penipuan pada tahun 2015, menipu investor sekitar $4 miliar. Greenwood dijatuhi hukuman 20 tahun penjara pada bulan September 2023, sementara Ignatova masih buron.

Argumen untuk Keringanan Hukuman

Buza berpendapat bahwa peran Dilkinska sebagai “istri dan ibu yang penyayang” dan posisinya yang unik dalam kasus tersebut menjamin hukuman waktu yang telah dijalani. Dia menekankan perilaku baiknya saat di penjara dan potensi hukuman di atas waktu yang dijalani untuk menciptakan “ketidakadilan besar.”

Perbandingan dengan Hukuman Lainnya

Departemen Kehakiman AS mengindikasikan bahwa pembelaan bersalah Dilkinska dapat mengakibatkan hukuman potensial maksimal 10 tahun penjara. Mark Scott, pengacara OneCoin lainnya yang dihukum pada November 2019, dijatuhi hukuman 10 tahun pada Januari.

Penutup

Permintaan waktu yang telah dijalani muncul saat hukuman Dilkinska mendekat. Kasus ini menyoroti kompleksitas proses hukum dalam skema terkait crypto dan berbagai hukuman yang dapat diterima oleh individu yang terlibat.

Baca Juga: Solana: Antara Meme Coin dan Tantangan Jaringan

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi