Oman Investasi Crypto Besar-besaran, Gimana Menurut Hukum Syariah?

Oman Investasi Crypto Besar-besaran, Gimana Menurut Hukum Syariah?

Kesultanan Oman, yang terletak di pesisir tenggara Semenanjung Arab, semakin memperkuat investasinya dalam industri crypto. Pemerintah Oman baru-baru ini mengumumkan investasi hampir $800 juta dalam operasi mining crypto.

Namun, investasi ini datang dengan pertanyaan besar yang melintasi dunia Islam: apakah crypto dianggap halal atau haram menurut hukum syariah? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Investasi Besar-besaran di Oman

Pada Agustus lalu, pemerintah Oman mengumumkan investasi sekitar $800 juta dalam operasi mining crypto. Pada 23 Agustus 2023, sebuah kesepakatan senilai $300 juta diumumkan dengan Phoenix Group dari Abu Dhabi untuk mengembangkan peternakan mining crypto berkekuatan 150 megawatt.

Beberapa minggu sebelumnya, Muscat menyetujui peternakan senilai $370 juta yang dioperasikan oleh Exahertz International. Menurut Said Hamoud al-Maawali, Menteri Transportasi, Komunikasi, dan Teknologi Informasi Oman, investasi ini merupakan “tonggak besar” dalam upaya Oman untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi digitalnya.

Baca Juga: Koin Islam ($ISLM): Mata Uang Crypto Syariah yang Mengguncang Dunia!

Bagaimana Crypto Menurut Hukum Syariah?

crypto menurut hukum syariah
Sumber: Bitcoin News

Dilansir dari Decrypt, di bawah hukum Islam atau syariah, ada prinsip-prinsip keuangan tertentu yang menentukan apakah sesuatu itu halal (diperbolehkan) atau haram (tidak diperbolehkan).

Beberapa ulama Islam berpendapat bahwa sifat spekulatif crypto membuatnya haram. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa crypto bisa dianggap halal karena tidak ada bunga (riba) yang melekat pada kepemilikan token seperti Bitcoin.

Selain itu, penerimaan luas crypto sebagai mata uang juga dapat mendukung kasus bahwa itu adalah halal.

Meskipun debat tentang apakah crypto halal atau haram menurut hukum syariah masih berlanjut, investasi besar-besaran oleh Oman menunjukkan keinginan negara ini untuk menjadi pemain utama dalam industri crypto. Dengan pertimbangan hukum syariah, langkah ini bisa menjadi model untuk negara-negara Muslim lainnya yang ingin berinvestasi dalam teknologi ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: