OKX Luncurkan Mainnet Publik “X Layer” untuk Biaya Lebih Rendah!

author:

OKX Luncurkan Mainnet Publik “X Layer” untuk Biaya Lebih Rendah!

Jakarta, Pintu News – Baru-baru ini, OKX meluncurkan mainnet publik X Layer, jaringan bertenaga zero-knowledge proof, pada tanggal 16 April 2024.

Jaringan ini dibangun menggunakan Polygon’s Chain Development Kit (CDK) dan memungkinkan status dan likuiditas bersama di beberapa jaringan blockchain menggunakan Protokol penskalaan Ethereum, Aggregation Layer.

X Layer: Jaringan Layer-2 Ethereum OKX

Sumber: X

Bursa kripto OKX baru-baru ini telah mengumumkan peluncuran resmi blockchain Layer-2, X Layer, di mainnet publik.

Baca juga: 5 Altcoin Teratas yang Melampaui Pertumbuhan Harga Bitcoin Tahun Ini!

X Layer, yang sebelumnya dikenal sebagai X1, dibangun dengan menggunakan Chain Development Kit (CDK) dari Polygon, yang menggabungkan teknologi zero-knowledge untuk memungkinkan pengembang membuat rantai yang disesuaikan.

Huruf “X” pada nama tersebut merupakan singkatan dari keterbukaan dan interoperabilitas, sedangkan kata “LAYER” mewakili berbagai jenis protokol yang bekerja sama untuk meningkatkan skalabilitas jaringan blockchain.

Perkembangan terbaru ini mengikuti tren yang lebih luas di antara bursa-bursa kripto utama untuk mengembangkan jaringan layer-2 mereka sendiri.

Pada bulan Agustus tahun lalu, Coinbase memperkenalkan blockchain Base, yang menggunakan OP Stack milik Optimism. Laporan juga menyatakan bahwa Kraken sedang menjajaki kemungkinan untuk mengembangkan blockchain layer-2 sendiri.

X Layer Mendukung Lebih dari 170 dApps

Menurut siaran pers dari OKX, pengembang bursa akan secara aktif berkontribusi pada basis kode CDK.

X Layer juga akan berintegrasi dengan ekosistem Polygon yang lebih luas melalui AggLayer, sebuah solusi yang dirancang untuk mengkonsolidasikan likuiditas di berbagai chain yang dikembangkan dengan teknologi Polygon.

“50 juta pengguna OKX sekarang memiliki jalur yang mudah untuk masuk ke X Layer dan semua rantai lainnya yang terhubung ke AggLayer.” Mark Boiron, CEO di Polygon Labs

X Layer pertama kali diluncurkan di testnet pada bulan November 2023 dan saat ini mendukung lebih dari 170 aplikasi terdesentralisasi (dApps), dengan rencana untuk menambahkan lebih banyak lagi dalam waktu dekat.

Baca juga: OKX Raih Lisensi Pembayaran Utama dari MAS Singapura, Siap Revolusi Transfer Lintas Batas

OKX mencatat bahwa DApps termasuk The Graph, Curve, LayerZero, QuickSwap, Galaxy, dan Timeswap sedang dalam proses penerapan pada jaringan Layer-2 miliknya.

Masa Depan X Layer dan Layer-2

Dengan biaya transaksi yang lebih rendah dan interoperabilitas yang lebih baik, X Layer dapat membantu menarik lebih banyak pengguna dan pengembang ke ekosistem Ethereum.

X Layer diharapkan menjadi bagian penting dari ekosistem Web3, menyediakan infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan adopsi aplikasi terdesentralisasi.

Peluncuran X Layer oleh OKX merupakan langkah maju yang signifikan dalam pengembangan jaringan Layer-2 Ethereum.

Dengan memanfaatkan teknologi mutakhir dan berkolaborasi dengan Polygon, OKX telah menciptakan solusi skalabilitas yang kuat yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan dan adopsi Web3.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Cryptonews