Ledakan Gaming Blockchain di Oktober 2023: Tren dan Inovasi yang Mengubah Industri!

author:

Ledakan Gaming Blockchain di Oktober 2023: Tren dan Inovasi yang Mengubah Industri!

Oktober 2023 menjadi bulan penting dalam sejarah gaming blockchain. Menurut laporan dari DappRadar dan Blockchain Gaming Alliance, industri ini mencapai tonggak sejarah dengan 1 juta dompet aktif unik harian (dUAW), menandai peningkatan 16% dari bulan sebelumnya.

Berdasarkan laporan, angka tersebut mewakili sepertiga dari seluruh aktivitas industri untuk bulan tersebut, menunjukkan pertumbuhan sektor gaming di lingkungan Web3.

Tren Aktivitas di Berbagai Blockchain dan Game

WAX memimpin dalam aktivitas gaming dengan 406.030 dUAW harian, mencerminkan peningkatan 8% dari September, terutama didorong oleh game populer seperti Alien Worlds. Sementara itu, BNB Chain mengalami pertumbuhan 13% dalam dUAW.

game teratas menurut dappradar
Sumber: DappRadar

Sebaliknya, terjadi penurunan kecil pada platform Klaytn, Solana, dan Arbitrum, dengan penurunan aktivitas gaming. Namun, zkSync Era mengalami peningkatan 6%. Jumlah dompet aktif unik harian di Polygon juga tumbuh 5%, kini berdiri di 93.018, menunjukkan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga: Revolusi Gaming Web3: Kolaborasi READYgg dan Aptos Labs Ubag Lanskap Permainan Digital!

Beberapa game berhasil mempertahankan atau memperluas basis penggunanya selama periode ini. Alien Worlds tetap menjadi dapp gaming paling banyak digunakan, dengan lebih dari 133.000 dUAW harian. Sweat Economy melakukan debutnya di Amerika Serikat, memperkuat posisinya di sektor move-to-earn.

Sementara itu, Splinterlands meluncurkan fitur baru, termasuk kartu “Immolation” dan pra-penjualan Rebellion, dalam antisipasi gameplay berbasis tanah untuk menyegarkan komunitasnya. Nine Chronicles juga memperkenalkan Ecosystem 2.0-nya, meningkatkan aksesibilitas dan sistem ekonomi game.

Dunia Virtual dan Investasi Web3 Gaming

amazon prime bagikan nft gaming gratis
Sumber: Ground Report

Sektor dunia virtual juga menunjukkan tren yang menggembirakan, dengan volume perdagangan meningkat 19% sejak September menjadi $3,8 juta dan penjualan tanah menunjukkan tren naik 17%, terakumulasi menjadi 10.822 transaksi pada Oktober.

Nicola Sebastiani, sekarang menjadi Chief Content Officer The Sandbox, membawa keahliannya dari Apple dan PlayStation Studios. Dia menekankan pentingnya konten yang dihasilkan pengguna dan pergeseran ke ekonomi berpusat pada pencipta dalam industri gaming dan metaverse.

Sementara itu, The Sandbox terus maju dengan inisiatif seperti penerbitan mandiri untuk pemilik tanah dan aplikasi seluler yang dijadwalkan debut pada 2024.

Meskipun mengalami penurunan sedikit sebesar 4% dari bulan sebelumnya, total investasi gaming Web3 pada Oktober mencapai $154 juta. Bahkan di tengah pasar bear yang berkepanjangan, angka ini menunjukkan minat investor yang berkelanjutan dalam sektor gaming blockchain dan Metaverse.

Investasi profil tinggi termasuk aliansi strategis Animoca Brands dengan NEOM Investment Fund, melibatkan usaha $50 juta untuk memperkuat layanan perusahaan Web3. Selain itu, WEMIX, anak perusahaan Wemade, berkomitmen $30 juta kepada lima pengembang game Cina dengan tujuan meningkatkan diversifikasi portofolio gaming blockchainnya dan mengintegrasikan game-game ini ke dalam platform WEMIX PLAY.

Baca juga: Revolusi Game Web3: Dari Play-to-Earn ke Free-to-Play, Inilah Masa Depan Gaming!

Potensi dan Masa Depan Gaming Blockchain

Laporan terbaru dari DappRadar pada Oktober 2023 menunjukkan bahwa gaming Web3 tidak hanya tumbuh, tetapi juga menciptakan peluang baru. Peningkatan dalam dompet aktif unik dan investasi yang berkelanjutan adalah indikator penting dari potensinya.

Sektor ini sedang mengukir peran signifikan dalam hiburan digital, didorong oleh fitur yang berfokus pada pengguna dan minat pasar yang kuat.

Secara keseluruhan, pencapaian gaming blockchain pada Oktober 2023 membuka lembaran baru dalam industri ini, menunjukkan potensi besar dalam inovasi dan pertumbuhan. Ini bukan hanya tentang permainan, tetapi juga tentang membentuk masa depan interaksi digital dan partisipasi komunitas dalam ekosistem Web3.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: