OCC Amerika Mendukung Tokenisasi, Apa Bedanya dengan Crypto?

author:

OCC Amerika Mendukung Tokenisasi, Apa Bedanya dengan Crypto?

Office of the Comptroller of the Currency (OCC), biro independen Departemen Keuangan AS yang mengawasi bank komersial nasional di negara tersebut, akan mengadakan simposium tentang tokenisasi pada Februari 2024. Simposium ini bertujuan untuk memulai dialog publik tentang potensi transformasi dari tokenisasi aset dan kewajiban keuangan dunia nyata.

Tokenisasi vs Crypto: Pandangan OCC

koalisi aset tertokenisasi

Michael Hsu, Comptroller of the Currency yang sedang bertugas, menekankan perbedaan yang muncul antara crypto dan tokenisasi aset dan kewajiban dunia nyata. Menurutnya, crypto masih didorong oleh janji keuntungan spekulatif dan sering kali dicirikan oleh peretasan.

Baca juga: UBS Gandeng Ethereum untuk Uji Coba Dana Pasar Uang Bertokenisasi

Di sisi lain, tokenisasi didorong oleh kebutuhan untuk menyelesaikan masalah penyelesaian dunia nyata dan dapat dikembangkan dengan cara yang aman dan sehat, serta sepenuhnya sesuai dengan aturan anti pencucian uang.

Lebih lanjut, Hsu menantikan diskusi mendalam tentang topik-topik ini dengan berbagai ahli di bidangnya.

Fokus Simposium: Potensi Tokenisasi

Simposium akan mempromosikan diskusi publik tentang potensi tokenisasi aset keuangan dunia nyata dan kewajiban untuk meningkatkan efisiensi dan ketahanan penyelesaian keuangan.

Acara ini diharapkan akan mencakup komentar utama dari Hyun Song Shin, Penasihat Ekonomi dan Kepala Penelitian di Bank for International Settlements (BIS).

Diskusi akan mengeksplorasi dasar hukum untuk token, kasus penggunaan tokenisasi, serta pertimbangan manajemen risiko dan kontrol.

Baca juga: Revolusioner! Pasar Properti Hong Kong Siap Menuju Tokenisasi

OCC dan Pendekatan Terhadap Teknologi Keuangan

OCC telah konsisten dalam mengingatkan bank untuk berhati-hati dengan mata uang crypto melalui surat interpretatifnya.

Pada awal 2023, OCC bergabung dengan dua agensi regulasi bank lainnya dalam mengeluarkan pernyataan bersama yang memperingatkan bank tentang potensi risiko yang terkait dengan crypto.

Namun, dengan simposium ini, tampaknya OCC membuka diri terhadap potensi positif dari tokenisasi dan teknologi keuangan lainnya.

Dengan mengadakan simposium ini, OCC menunjukkan komitmennya untuk memahami dan memandu inovasi di sektor keuangan. Meskipun ada kekhawatiran tentang mata uang crypto, tampaknya ada optimisme tentang potensi tokenisasi untuk membawa perubahan positif ke industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: