Nvidia Incar Indonesia untuk Pusat AI Senilai $200 Juta di Tengah Perebutan AI Global!

author:

Nvidia Incar Indonesia untuk Pusat AI Senilai $200 Juta di Tengah Perebutan AI Global!

Jakarta, Pintu News – Nvidia, raksasa semikonduktor terkemuka dunia untuk kecerdasan buatan (AI), bersama dengan pemerintah Indonesia dan penyedia telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison, mengumumkan rencana pembangunan pusat AI baru di Indonesia.

Dengan investasi sebesar $200 juta, pusat ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya Indonesia untuk menjadi pemain kunci dalam revolusi AI global.

Pusat AI Baru di Surakarta

pusat ai indonesia
Generated by AI

Pusat AI baru ini, yang akan berlokasi di kota Surakarta di wilayah Jawa Tengah, dijadwalkan untuk mulai dibangun pada tahun 2024.

Baca juga: io.net dan Allora Berkolaborasi untuk Meningkatkan & Mengamankan Pengembangan AI

Menurut Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi negara tersebut, pusat ini akan menjadi rumah bagi infrastruktur telekomunikasi atau pusat sumber daya manusia.

Pilihan lokasi di Surakarta didasarkan pada kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur 5G di kota tersebut, menurut Gibran Rakabuming Raka, walikota Surakarta.

Komitmen Nvidia terhadap Pengembangan Talenta AI di Indonesia

Nvidia telah menandatangani nota kesepahaman dengan pemerintah Indonesia pada Januari 2022, yang melalui itu Nvidia berkomitmen untuk melatih dosen dan lebih dari 20.000 mahasiswa universitas dalam keterampilan AI selama lima tahun.

Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kolam talenta AI negara tersebut, terutama setelah kegilaan AI yang dipicu oleh peluncuran chatbot ChatGPT oleh OpenAI pada November 2022.

Sejak nota kesepahaman ditandatangani, pasar AI hampir dua kali lipat dari $134,89 miliar pada tahun 2022 menjadi $241,80 miliar pada tahun 2023.

Baca juga: Nvidia Mengguncang Pasar: Pendapatan Melonjak 265% Berkat Ledakan AI

Ekspansi Nvidia di Asia Tenggara dan Dampak Global

Dorongan Nvidia di Indonesia mengikuti tren perusahaan untuk memperluas pengaruhnya di kawasan Asia Tenggara setelah mencatat pendapatan rekor dari meningkatnya permintaan untuk alat AI generatif.

Di Singapura, perusahaan telekomunikasi lokal Singtel juga bermitra dengan pembuat chip untuk pusat data baru, dan Nvidia serta Singapore Institute of Technology telah berkolaborasi pada pusat AI baru.

Pengembang AI besar lainnya seperti Google dan Microsoft juga telah mengucurkan miliaran dolar ke dalam inisiatif AI di seluruh dunia, menciptakan pusat data dan program pelatihan untuk komunitas lokal di tempat seperti Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Secara keseluruhan, pusat AI baru Nvidia di Indonesia menandai langkah penting dalam upaya negara untuk memposisikan dirinya sebagai pemimpin dalam teknologi AI.

Dengan dukungan dari salah satu perusahaan semikonduktor terkemuka di dunia, Indonesia siap untuk mengambil peran penting dalam lanskap AI global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: