Num Finance Luncurkan Stablecoin nCOP Berbasis Peso Kolombia di Polygon

author:

Num Finance Luncurkan Stablecoin nCOP Berbasis Peso Kolombia di Polygon

Dalam dunia crypto yang terus berkembang, stablecoin telah menjadi instrumen penting, terutama untuk remitansi. Num Finance, sebuah platform aset digital dari Argentina, baru-baru ini meluncurkan nCOP, stablecoin yang diikat dengan peso Kolombia, di jaringan Polygon.

nCOP: Stablecoin untuk Remitansi

Logo nCOP. Sumber: Num Finance

nCOP, yang diluncurkan pada 24 Agustus 2023, adalah stablecoin berbasis Polygon yang overcollateralized, khusus ditujukan untuk pasar remitansi. Dengan Kolombia menerima lebih dari $6,5 miliar setiap tahun dalam bentuk remitansi, potensi nCOP sangat signifikan.

Baca juga: Booming Besar! Pasar Stablecoin Diprediksi Menuju $3 Triliun dalam 5 Tahun!

Salah satu fitur menarik dari nCOP adalah “Num yield feature”, yang memungkinkan pengguna mendapatkan hadiah dalam bentuk nCOP.

Agustín Liserra, CEO Num Finance, menekankan peluang unik di Kolombia untuk meng-tokenisasi remitansi dan menawarkan imbal hasil dalam nCOP berdasarkan produk keuangan yang diatur.

Portofolio Stablecoin Num Finance

Peluncuran nCOP bukanlah inisiatif stablecoin pertama dari Num Finance. Sebelumnya, perusahaan telah meluncurkan nARS yang diikat dengan peso Argentina dan nPEN yang diikat dengan sol Peru.

Pada bulan Mei 2023, Num Finance berhasil mengamankan pendanaan pra-benih sebesar $1,5 juta yang dipimpin oleh Reserve protocol. Saat itu, mereka melaporkan bahwa lebih dari $2,5 juta nARS dan nPEN beredar di pasar.

Selain itu, mereka juga menunjukkan ketertarikan untuk meluncurkan stablecoin yang diikat dengan mata uang Amerika Latin lainnya, termasuk real Brasil dan peso Meksiko.

“Di Kolombia, ada peluang unik untuk ‘menandai’ pengiriman uang dan menawarkan imbal hasil dalam nCOP, berdasarkan produk keuangan yang diatur. Saat ini, Kolombia adalah salah satu penerima utama pengiriman uang di Amerika Latin.”

Baca juga: Hore! Kini Trader Shiba Inu di Brasil Bisa Lakukan Pembayaran dengan SHIB

Lanskap Mata Uang Digital Kolombia

Bank sentral Kolombia sedang mempertimbangkan penerbitan mata uang digital bank sentral (CBDC). CBDC ini dapat berfungsi sebagai kendaraan lain untuk remitansi.

Namun, bank telah menyarankan untuk menerapkan batasan kepemilikan dan transaksi pada CBDC masa depan untuk memastikan stabilitas sistem keuangan lokal.

Dalam perkembangan terkait, Mastercard baru-baru ini memutuskan untuk menghentikan dukungan untuk kartu debit crypto Binance di beberapa negara Amerika Latin, termasuk Kolombia.

Secara keseluruhan, peluncuran nCOP oleh Num Finance menandai pentingnya stablecoin dan pengakuan meningkatnya Amerika Latin sebagai wilayah kunci dalam lanskap crypto global. Dengan negara-negara seperti Kolombia terus mengeksplorasi potensi mata uang digital, stablecoin seperti nCOP dapat memainkan peran penting dalam membentuk kembali lanskap keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: