Federal Reserve AS Luncurkan Program Pengawasan Crypto, Apa Dampaknya bagi Industri?

Federal Reserve AS Luncurkan Program Pengawasan Crypto, Apa Dampaknya bagi Industri?

Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat, berupaya meningkatkan pengawasan industri crypto dengan meluncurkan “Novel Activities Supervision Program”. Program ini dirancang untuk memperkuat pengawasan terhadap aktivitas baru yang dilakukan oleh organisasi perbankan di bawah pengawasan bank sentral. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Fokus Utama Program Pengawasan

pengawasan crypto oleh the fed
Sumber: CoinPedia

Dilansir dari Coindesk, menurut surat dari Dewan Gubernur Federal Reserve yang dirilis, program baru ini akan berfokus pada aktivitas terkait aset crypto teknologi ledger terdistribusi (DLT), dan kemitraan teknologi yang kompleks dengan non-bank untuk menyediakan layanan keuangan kepada pelanggan.

Tujuan utama dari program ini adalah untuk memastikan bahwa risiko yang terkait dengan inovasi diidentifikasi dan ditangani dengan tepat. Aktivitas yang akan menjadi fokus termasuk kemitraan teknologi dengan non-bank, aktivitas terkait aset crypto seperti penyimpanan crypto, penerbitan token dolar, dan tokenisasi sekuritas atau aset lainnya.

Baca Juga: Baru! Federal Reserve AS Integrasikan FedNow dengan Metal Blockchain untuk Pembayaran Instan

Implementasi dan Pelaksanaan Program

Program ini akan bekerja sama dengan tim pengawasan Federal Reserve yang ada untuk memantau dan memeriksa aktivitas baru yang dilakukan oleh organisasi perbankan yang diawasi. Program ini akan bekerja dalam portofolio pengawasan yang ada untuk memaksimalkan efisiensi dan meminimalkan beban.

Tingkat dan intensitas pengawasan yang diterima oleh organisasi perbankan akan berbasis risiko dan bergantung pada tingkat keterlibatan mereka dalam aktivitas baru. Federal Reserve akan memberikan pemberitahuan kepada organisasi yang aktivitasnya akan diperiksa melalui program ini.

Baca Juga: Federal Reserve AS Tingkatkan Pengawasan Bank Terhadap Aktivitas Crypto, Apa Dampaknya?

Tujuan dan Harapan dari Program Pengawasan

tujuan program pengawasan the fed
Sumber: The Cryptonomist

Tujuan utama peluncuran program ini adalah untuk membantu Federal Reserve meningkatkan keahlian teknisnya untuk memahami aktivitas baru, risiko dari aktivitas tersebut, dan kontrol yang sesuai untuk mengelola risiko tersebut. Program ini juga akan membantu dalam pembuatan pendekatan pengawasan baru dan panduan untuk organisasi perbankan yang terlibat dalam aktivitas baru.

Federal Reserve berharap program ini akan memastikan bahwa regulasi dan pengawasan memungkinkan inovasi yang meningkatkan akses ke dan penyampaian layanan keuangan, sekaligus melindungi pelanggan bank, organisasi perbankan, dan stabilitas keuangan.

Dengan peluncuran “Novel Activities Supervision Program”, Federal Reserve menunjukkan komitmennya untuk memahami dan mengawasi industri crypto yang terus berkembang. Langkah ini diharapkan dapat memberikan kejelasan dan kepastian bagi pemangku kepentingan di industri crypto sambil memastikan bahwa inovasi di sektor ini tetap aman dan terkendali.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: