Norwegia di Ambang Revolusi Digital dengan Uji Coba Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)!

author:

Norwegia di Ambang Revolusi Digital dengan Uji Coba Mata Uang Digital Bank Sentral (CBDC)!

Norwegia semakin dekat dengan kemungkinan peluncuran mata uang digital bank sentral (CBDC) setelah Norges Bank mengumumkan memasuki fase baru dalam proyek penelitian CBDC.

Dengan penurunan penggunaan uang tunai dan perkembangan global, Norwegia tidak ingin tertinggal dalam inovasi sistem pembayaran.

Mengapa Norwegia Memikirkan CBDC?

Dalam sebuah pernyataan pada 18 Desember 2023, Norges Bank, bank sentral Norwegia, telah memutuskan untuk melanjutkan proyek CBDC ke fase kelima. Fase ini akan mengeksplorasi model pengenalan dan desain CBDC, sejalan dengan tren pembayaran global yang terus berkembang.

Baca juga: Perusahaan Investasi Franklin Templeton Memprediksi Setiap Negara akan Menyimpan Bitcoin!

Ida Wolden Bache, gubernur Norges Bank, menekankan bahwa meskipun sistem pembayaran Norwegia saat ini berfungsi dengan baik, perlu ada pertimbangan terhadap penurunan penggunaan uang tunai dan perkembangan CBDC di seluruh dunia.

Fase kelima proyek ini akan berfokus pada analisis kemungkinan dan dampak, pengujian solusi kandidat, dan penelitian tentang bentuk penyelesaian baru dalam uang digital yang dikendalikan negara. Tujuannya adalah untuk mendorong inovasi dalam sistem keuangan.

Norges Bank berkomitmen untuk terus berinteraksi dengan pemangku kepentingan dalam sistem pembayaran Norwegia dan bank sentral lainnya.

Menatap Masa Depan Sistem Pembayaran

masa depan cbdc
Sumber: Elliptic

Norwegia pertama kali mengumumkan rencana untuk memulai eksperimen CBDC pada April 2021. Motivasi untuk meneliti CBDC “telah diperkuat,” menurut pernyataan dari bank sentral. Jika sistem pembayaran berkembang ke arah yang menantang pertimbangan sosial yang penting, Norges Bank ingin siap untuk memperkenalkan CBDC.

Dengan tenggat waktu akhir 2025, Norges Bank berencana untuk mengungkapkan keputusan akhir tentang apakah Norwegia akan melanjutkan dengan pengenalan CBDC. Fase penelitian kelima ini diharapkan dapat menetapkan dasar bagi keputusan tersebut, dengan mempertimbangkan berbagai aspek dari desain hingga dampak sosial.

Baca juga: Gubernur Bank Korea Serukan Aksi Cepat untuk CBDC!

Langkah Strategis Norwegia

Proyek CBDC Norwegia tidak hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang memastikan bahwa negara tersebut siap menghadapi perubahan yang mungkin terjadi di masa depan. Norges Bank ingin menemukan solusi yang paling sesuai jika memang relevan untuk memperkenalkan CBDC di Norwegia. Langkah ini menunjukkan keseriusan Norwegia dalam mempertimbangkan masa depan keuangannya.

Dengan memasuki fase kelima, Norwegia menunjukkan komitmennya untuk tidak hanya mengikuti, tetapi juga mungkin memimpin dalam evolusi sistem pembayaran global.

Seiring dengan berjalannya waktu, mata uang digital semakin tidak terelakkan. Dengan memasuki fase penelitian kelima, Norwegia menunjukkan keseriusannya dalam mempertimbangkan CBDC sebagai bagian dari masa depan sistem pembayaran negara.

Keputusan akhir yang akan diambil pada akhir 2025 akan menjadi momen penting dalam sejarah keuangan Norwegia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: