Widih! North Carolina Gelontorkan Dana Rp752 Juta untuk Meneliti Potensi Bitcoin dan Emas

author:

Widih! North Carolina Gelontorkan Dana Rp752 Juta untuk Meneliti Potensi Bitcoin dan Emas

North Carolina, sebuah negara bagian di Amerika Serikat, berani melangkah maju dalam dunia investasi cryptocurrency dan logam mulia. Departemen Bendahara Negara North Carolina siap untuk meneliti potensi Bitcoin (BTC) dan emas sebagai bagian dari portofolio negara bagian.

Langkah legislatif yang baru-baru ini disetujui oleh DPR North Carolina ini menunjukkan pendekatan progresif dalam mempertimbangkan aset digital dan emas nyata untuk kesehatan keuangan negara bagian.

Pendekatan Legislatif Pionir North Carolina

north carolina penelitian bitcoin
Sumber: Bitcoin News

Rumah Bawah Majelis Umum North Carolina telah memberikan lampu hijau pada sebuah rancangan undang-undang, yang mengusulkan studi penelitian komprehensif untuk menyelidiki kemungkinan negara bagian memasukkan Bitcoin dan emas bullion ke dalam kepemilikan bendaharaannya. Disahkan pada 28 Juni 2023 kemarin, legislasi inovatif ini menetapkan anggaran $50.000 atau setara dengan Rp752 juta untuk penelitian, dengan tujuan untuk mengeksplorasi aspek “mendapatkan, menyimpan dengan aman, mengasuransikan, dan melikuidasi” aset alternatif ini.

Studi yang ditugaskan oleh rancangan undang-undang ini akan memeriksa dampak potensial dari kepemilikan aset yang beragam ini pada kerangka keuangan North Carolina. Area utama dari pemeriksaan ini akan menjadi efikasi dari kepemilikan ini dalam lindung nilai terhadap inflasi dan “risiko kredit sistemik”. Selain itu, penelitian juga akan menyelidiki apakah diversifikasi aset seperti ini bisa meminimalkan volatilitas sambil memaksimalkan pengembalian pada portofolio negara bagian.

Baca juga: Abu Dhabi: Ibu Kota Timur Tengah Kaya Raya yang Membangun Jembatan TradFi ke Crypto!

Tidak hanya itu, penelitian ini juga akan memeriksa dampak yang mungkin terjadi jika memegang crypto dan bagaimana negara akan menjaga mata uang digital.

Aspek menarik lainnya dari rancangan undang-undang ini melibatkan pembuatan gudang penyimpanan yang diadministrasikan oleh negara bagian untuk cryptocurrency. Ide revolusioner ini akan menempatkan North Carolina sebagai penjaga aset digitalnya. Namun, studi tersebut akan mempertimbangkan pro dan kontra dari menggunakan “gudang penyimpanan yang dikelola secara privat atau gudang penyimpanan negara bagian lain”.

Perkembangan Legislatif Terkini di North Carolina

Penting untuk dicatat bahwa ini bukanlah pertama kalinya North Carolina berurusan dengan topik mata uang digital. Pada 3 Mei 2023 lalu, DPR negara bagian tersebut secara bulat menyetujui rancangan undang-undang yang melarang pembayaran ke negara bagian menggunakan mata uang digital bank sentral (CBDC). Langkah pembatasan ini juga melarang Federal Reserve Amerika Serikat dari menggunakan North Carolina sebagai tempat uji coba untuk pilot CBDC di masa depan.

Selain itu, Kabupaten Buncombe di North Carolina mengesahkan moratorium satu tahun pada penambangan crypto pada 2 Mei 2023, mencerminkan lanskap regulasi yang semakin kompleks seputar mata uang digital di negara bagian tersebut.

Perjalanan rancangan undang-undang ini, dari konsepsinya hingga potensi penerapannya, menandai bab penting dalam narasi keuangan North Carolina. Saat negara bagian mempertimbangkan untuk memasukkan Bitcoin (BTC) dan emas ke dalam bendaharanya, ini mencerminkan diskusi yang lebih luas tentang peran cryptocurrency dan logam mulia dalam keuangan publik.

Momen Penentu untuk Masa Depan Keuangan North Carolina

Meski keputusannya masih belum pasti, efek gelombang dari langkah pionir ini tidak bisa disangkal, dan hasilnya sangat ditunggu-tunggu. Dengan langkah ini, Departemen Bendahara Negara North Carolina tampaknya menentukan penjaga, pelindung, dan administrator ideal untuk aset crypto yang dimiliki oleh negara bagian.

Dengan 73 suara mendukung, 40 menentang, dan tujuh anggota absen, suara tersebut jauh dari bulat. Namun, untuk menjadi undang-undang, rancangan undang-undang ini masih perlu melewati Senat dan mendapatkan tanda tangan Gubernur Roy Cooper atau menghadapi penolakannya.

Baca juga: Dalam Pengembangan CBDC, Bank Inggris Menekankan Pound Digital Fokus pada Privasi Pengguna

Keputusan legislatif yang akan datang ini bisa secara signifikan mengubah strategi manajemen aset negara bagian. Ini adalah langkah berani yang menunjukkan komitmen North Carolina terhadap inovasi dan adaptasi dalam dunia keuangan yang terus berubah.

Pada akhirnya, North Carolina berada di garis depan perubahan, dengan mempertimbangkan untuk memasukkan Bitcoin (BTC) dan emas ke dalam portofolio negara bagian. Meskipun hasilnya masih belum pasti, langkah ini menunjukkan bahwa North Carolina berani mengambil risiko dan berinvestasi dalam teknologi baru.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: