Norges Bank Pertimbangkan Regulasi Crypto Sendiri, Bukan Mengikuti Contoh Internasional

Norges Bank Pertimbangkan Regulasi Crypto Sendiri, Bukan Mengikuti Contoh Internasional

Norges Bank, bank sentral Norwegia, telah merilis laporan tahunan “Financial Infrastructure Report“. 

Laporan tersebut memfokuskan sebagian besar isinya pada aset crypto dan pertanyaan apakah Norwegia harus bergantung pada contoh regulasi internasional untuk mengendalikan pasarnya.

Keterkaitan Dengan Regulasi EU

Regulasi “Markets in Crypto-Assets” (MiCA) Uni Eropa akan berlaku dalam 1 atau 2 tahun ke depan, dan “mungkin juga berlaku untuk Norwegia.” 

xb Sempat Tolak Cryptocurrency, Kini Maroko Selesaikan Regulasi Crypto

Namun, disebutkan Norges Bank bahwa Kementerian Keuangan akan menilai relevansi EEA dan implementasi di Norwegia. Norwegia adalah anggota Area Ekonomi Eropa tetapi bukan anggota Uni Eropa.

Memiliki Regulasi Nasional Sendiri

Eropa Ramah Crypto? Perusahaan Crypto di Eropa Siapkan Market in Crypto-Assets (MiCA)
The Cryptonomist

Pengembangan lebih lanjut dari MiCA dapat dipimpin oleh kepentingan nasional yang tidak dibagikan oleh Norwegia, menurut laporan tersebut. 

Oleh karena itu, otoritas Norwegia harus menilai apakah harus bergerak lebih cepat daripada menunggu solusi regulasi internasional. 

Bank juga mengatakan bahwa penelitiannya tentang mata uang digital bank sentral terus berlanjut dan akan menerbitkan temuannya nanti pada tahun ini.

Dilansir dari Coingape, Regulasi Markets in Crypto Assets (MiCA) diperkenalkan oleh Komisi Eropa pada September 2020. 

Tujuannya adalah menciptakan kerangka kerja regulasi yang seragam untuk aset crypto di seluruh Uni Eropa. Dan hasilnya? Lonjakan investasi yang signifikan di sektor ini.

Bagaimana dampak regulasi MiCA untuk market crypto di Eropa? Simak berita lengkapnya tentang Regulasi MiCA di sini.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: