Heboh! Jack Dorsey Tertarik pada Nodeless, Inovasi Baru dalam Transaksi Bitcoin!

Heboh! Jack Dorsey Tertarik pada Nodeless, Inovasi Baru dalam Transaksi Bitcoin!

Akhir pekan lalu, Jack Dorsey membuat kegaduhan di dunia cryptocurrency dengan mengirimkan sebuah tweet yang berisi tautan ke Nodeless dan tidak ada yang lain. Meski misterius, sebutan ini tampaknya merupakan pengakuan dari salah satu pendukung Bitcoin paling terkenal, yang memicu antusiasme serta debat tentang keunggulan prosesor pembayaran Lightning ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Itu Nodeless?

nodeless jack dorsey
Sumber: Akun Twitter Jack Dorsey

Dalam istilah sederhana, trader dapat menambahkan alat ini ke situs web mereka untuk menerima pembayaran Bitcoin dengan lebih mudah. Secara khusus, alat ini membantu dalam melakukan transaksi melalui Lightning Network, yang menawarkan pembayaran yang lebih murah dan cepat melalui Bitcoin dan secara luas dianggap sebagai metode paling mungkin yang akan membuat Bitcoin menjadi mainstream.

“Tujuan kami adalah menjadikan Bitcoin sebagai alat tukar dengan memudahkan para trader untuk menerima Bitcoin,” kata pencipta Nodeless yang bernama samaran UTXO kepada Decrypt, Selasa (27/6/2023).

Namun, penggunaan Lightning secara non-custodial tanpa pihak ketiga yang mengendalikan dana pengguna bisa menjadi tantangan bagi pengguna baru.

Baca Juga: Adopsi Bitcoin Lightning Network Semakin Meluas, Kini Ada CashApp

Fungsi Nodeless

Dalam beberapa hal, fungsionalitas Nodeless mirip dengan OpenNode, penyedia pembayaran Bitcoin lainnya berbasis Lightning. Namun, Nodeless menawarkan satu perbedaan kunci: pengguna tidak perlu berbagi informasi identifikasi untuk mulai menerima pembayaran menggunakan platform ini. Dengan kata lain, ini adalah layanan non-KYC (Know Your Customer).

Membayar menggunakan Lightning secara non-custodial umumnya membutuhkan pengguna untuk menjalankan node Lightning mereka sendiri. Ini bisa menjadi tantangan bagi pengguna yang tidak teknis atau pengguna yang terbatas waktunya. Namun, sudah ada platform seperti Voltage atau Greenlight, yang menyediakan solusi satu klik untuk menyiapkan node Lightning, dan pengguna tidak perlu merawat node sepanjang waktu.

Baca Juga: Lightning Labs Luncurkan Solusi Canggih untuk Cetak Aset Baru di Bitcoin, Apa Dampaknya pada BRC-20?

Pembayaran ‘Nodeless’

Namun, Nodeless memiliki pendekatan yang berbeda. Nodeless adalah “nodeless” dalam artian bahwa trader yang menerima pembayaran tidak perlu menjalankan node Lightning mereka sendiri, yang membutuhkan waktu dan sumber daya untuk mendirikan dan menjalankan, dan memakan sumber daya komputasi.

Namun, alih-alih pengguna yang menjalankan node mereka sendiri, node Nodeless adalah yang meneruskan pembayaran. Ketika pembayaran dikirim ke trader, itu dikirim ke Nodeless. Nodeless kemudian segera mengirimkan pembayaran ke alamat on-chain atau Lightning trader.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: