Ubah Gas TPA Jadi Bitcoin, Nodal Power Kumpulkan $13 Juta untuk Proyek ‘Green Bitcoin Mining’!

Ubah Gas TPA Jadi Bitcoin, Nodal Power Kumpulkan $13 Juta untuk Proyek ‘Green Bitcoin Mining’!

Nodal Power, sebuah perusahaan berbasis di Utah, AS, yang mengkhususkan diri dalam mengubah gas dari tempat pembuangan akhir menjadi energi untuk mining Bitcoin, baru-baru ini mengumumkan keberhasilan dalam putaran pendanaan awal sebesar $13 juta. CEO Nodal Power, Bryan Black, menekankan potensi teknologi ini untuk memberikan dampak signifikan pada pasar energi lokal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Konversi Gas TPA Menjadi Energi Hijau

nodal power data center
Sumber: Bitcoin News

Nodal Power memanfaatkan gas metana yang dihasilkan oleh dekomposisi limbah organik di TPA untuk menghasilkan listrik. Gas ini biasanya akan dikeluarkan atau dibakar, tetapi dengan teknologi Nodal, gas ini dikonversi menjadi listrik yang kemudian disalurkan ke utilitas lokal dan operasi mining Bitcoin.

“Kami telah mengembangkan solusi, khususnya untuk TPA yang lebih kecil, yang memungkinkan kami membawa sumber daya yang terabaikan ini ke pasar,” kata Bryan Black, dikutip dari Bitcoin News, Kamis (31/8/2023).

Baca Juga: Wow, Stronghold Akuisisi 2.000 Rig Mining Bitcoin dari Canaan Senilai $3 Juta!

Dua Pusat Data dan Rencana Ekspansi

Sebagian besar dari dana yang berhasil dikumpulkan akan digunakan untuk membangun dan mengoperasikan dua pembangkit listrik di Amerika Serikat. Pembangkit pertama berlokasi di wilayah Tenggara AS, menggunakan gas TPA untuk menyediakan listrik ke utilitas setempat.

Pembangkit kedua, di wilayah Mountain West, akan menjadi pusat data yang sepenuhnya berkelanjutan dan ditenagai hanya oleh gas TPA. Ada juga rencana untuk investasi tambahan di lokasi ketiga di AS pada awal tahun 2024.

Baca Juga: Dalam Rangka Perayaan ke-10 Tahun, Canaan Bersiap Luncurkan Produk Mining Bitcoin Inovatif!

Menjawab Kritik Tentang Energi Mining Bitcoin

Matthew Jones, COO Nodal Power, menekankan bahwa mining Bitcoin berfungsi sebagai metode sekunder yang digunakan ketika kondisi ekonomi jaringan kurang menguntungkan. Dengan memanfaatkan gas metana, yang memiliki potensi menangkap panas 25 kali lebih besar daripada karbon dioksida, Nodal Power berupaya mengurangi dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin.

Dengan pendanaan sebesar $13 juta, Nodal Power berencana untuk memperluas operasinya dan memberikan solusi energi hijau untuk industri penambangan Bitcoin. Meskipun ada perusahaan lain yang menawarkan layanan serupa, pendekatan Nodal Power menawarkan potensi untuk memberikan dampak signifikan pada pasar energi lokal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: