Nissan Luncurkan Pengalaman Metaverse yang Unik untuk Edukasi Keselamatan Berkendara

Nissan Luncurkan Pengalaman Metaverse yang Unik untuk Edukasi Keselamatan Berkendara

Nissan Motor Co. baru saja meluncurkan pengalaman metaverse baru yang bertema sejarah dan keselamatan pada tanggal 7 Maret. Disebut sebagai “Heritage Cars & Safe Drive Studio”, pameran baru ini menggabungkan penggambaran mendalam yang menampilkan tiga mobil Nissan paling ikonik dari sejarah dengan pameran keselamatan pendidikan interaktif. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perpaduan Sejarah dan Edukasi Keselamatan

Pengalaman pertama menampilkan Silvia Q’s S13, sebuah Nissan yang dikenal di seluruh dunia karena popularitasnya sebagai kendaraan drifting. Di studio Heritage Cars & Safe Driving, pengguna dapat melihat kendaraan bersejarah ini dan mempelajari tentang dampak warna pakaian pejalan kaki terhadap pengemudi.

Di pameran kedua, pengguna dapat memainkan gim mini yang berfokus pada pembelajaran tentang bidang pandang pengemudi dan bagaimana multitugas memengaruhi keselamatan saat mengemudi. Mereka juga dapat melihat Skyline 2000GTX-E, salah satu kendaraan tuner paling populer sepanjang masa berkat keunggulannya di berbagai media budaya populer termasuk seri gim video Gran Turismo dan waralaba film Fast and Furious.

Pameran terakhir membawa pengguna kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1950-an dan 60-an dalam suasana “yang mengingatkan pada restoran klasik Amerika dan teater drive-in” di mana mereka dapat berpartisipasi dalam latihan memutar roda kemudi secara langsung.

Baca Juga: ZTX Luncurkan Genesis Homes, NFT Real Estate Metaverse yang Menguntungkan!

Kolaborasi dengan Universitas dan Teknologi VR

Ketiga pengalaman tersebut dikembangkan bekerja sama dengan para peneliti di universitas-universitas di Jepang. Pameran metaverse baru ini tersedia di headset Meta Quest di mana mereka bergabung dengan entri sebelumnya dari Nissan termasuk uji coba virtual pertama perusahaan, yang diluncurkan pada tahun 2022.

Nissan juga memperbarui empat dunia metaverse yang ada pada bulan Desember 2023 sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang ke-90. Pembaruan metaverse perusahaan hadir saat solusi perangkat keras untuk AR dan VR mulai matang.

Peluncuran headset mixed-reality pertama Apple pada bulan Februari 2024 menandakan persaingan baru untuk perusahaan teknologi seperti Meta dan Microsoft yang telah bergerak menuju adopsi konsumen dan perusahaan selama dekade terakhir.

Baca Juga: Nokia Merangkul Masa Depan Metaverse: Rencana Ambisius 2030 Terungkap!

Komitmen Nissan terhadap Edukasi Keselamatan Berkendara

Studio Nissan Heritage Cars & Safe Drive hanyalah contoh terbaru dari upaya Nissan untuk mengeksplorasi cara-cara baru untuk terlibat dengan publik, khususnya kaum muda dan mereka yang kurang familiar dengan teknologi otomotif.

Nissan meluncurkan Nissan Crossing di VRChat pada tahun 2021 dan tahun berikutnya memamerkan kendaraan mini listrik Sakura di VRChat, menawarkan uji coba virtual kepada pengguna di seluruh dunia.

Kesimpulan

Nissan Heritage Cars & Safe Drive Studio merupakan inisiatif terbaru dari Nissan dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-90. Melalui platform metaverse ini, Nissan ingin memberikan edukasi tentang keselamatan lalu lintas sekaligus mengajak masyarakat untuk berinteraksi dengan mobil-mobil warisan ikoniknya. Nissan berharap, studio ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan berkendara.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi