Nilai Klaim FTX Melonjak Jelang Sidang Estimasi, Ini Detailnya!

Nilai Klaim FTX Melonjak Jelang Sidang Estimasi, Ini Detailnya!

Kabar mengejutkan datang dari dunia crypto saat nilai klaim atas bursa crypto FTX meningkat tajam menjelang sidang estimasi pada 25 Januari. Para kreditor berharap keputusan pengadilan akan mendukung pembayaran “in kind” dalam bentuk cryptocurrency. Lonjakan ini menandakan optimisme yang tumbuh di antara para kreditor terhadap kemungkinan pemulihan dana yang lebih besar. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Harga Klaim FTX Menguat

harga klaim ftx menguat
Sumber: Akun X Claims Market

Menurut Cherokee Acquisition, sebuah firma perbankan investasi yang fokus pada klaim kebangkrutan, harga klaim FTX kini diperdagangkan hampir 80 sen per dolar. Peningkatan ini terjadi menjelang sidang estimasi yang sangat dinanti pada tanggal 25 Januari, di mana kreditor berharap akan mendapatkan keputusan yang menguntungkan.

Harga klaim untuk jumlah di atas $1 juta telah naik hingga 80%, sebuah angka yang menunjukkan kepercayaan kreditor terhadap peluang pemulihan investasi mereka. Kenaikan harga klaim ini terus berlanjut seiring mendekatnya sidang pengadilan.

FTX sendiri telah mengusulkan untuk membayar kembali kreditornya berdasarkan harga crypto pada hari kebangkrutan. Namun, para kreditor tetap bersikeras untuk menerima pembayaran “in kind”, yang hanya mempertimbangkan jumlah token yang hilang tanpa memperhatikan harga pasar.

Baca Juga: FTX Bangkit Kembali? FTT Melonjak 65% Pasca Komentar Gensler dari SEC

Klaim Kreditor dan Objeksi

klaim kreditor ftx
Sumber: Akun X FTX Reloaded

Lebih dari 100 surat keberatan telah diajukan oleh pelanggan FTX dari berbagai negara termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris. Mereka menentang usulan debitur untuk estimasi klaim. Kreditor FTX, yang jumlahnya mencapai satu juta, mencari keadilan setelah kejatuhan FTX.

Dalam pengajuan pengadilan, FTX mengungkapkan bahwa mereka berhutang sebesar $3,1 miliar hanya kepada 50 kreditor teratas, dengan kreditor terbesar memiliki tagihan sebesar $226 juta. Sementara itu, estate FTX dan Alameda Research telah menjual lebih dari dua pertiga saham mereka di Grayscale Bitcoin Trust.

Dari penjualan tersebut, mereka berhasil mengumpulkan setidaknya $600 juta. Sebelum tanggal 11 Januari, estate FTX memegang 22,28 juta saham Grayscale Bitcoin Trust, yang pada saat itu bernilai $902 juta, sebelum trust tersebut dikonversi menjadi dana yang diperdagangkan di bursa.

Baca Juga: Skandal Miliaran Dolar di Dunia Crypto: FTX Gugat ByBit! Apa yang Terjadi?

Optimisme Pasar Terhadap FTX

Peningkatan harga klaim ini mencerminkan optimisme yang lebih besar di antara kreditor terhadap kemungkinan pembayaran yang signifikan. Sebagai perbandingan, klaim dari perusahaan crypto lain yang bangkrut seperti Alameda Research, Genesis Global, dan Three Arrows Capital juga mengalami peningkatan harga klaim. Kenaikan ini menunjukkan bahwa pasar mulai memulihkan kepercayaannya terhadap aset crypto meskipun masih dalam kondisi yang tidak pasti.

Kesimpulan

Peningkatan nilai klaim FTX menjadi sinyal positif bagi para kreditor yang terdampak. Meskipun masih harus menunggu keputusan pengadilan, lonjakan harga ini memberikan harapan baru bagi mereka yang mencari penebusan dari kerugian yang dialami. Sidang estimasi yang akan datang menjadi momen krusial yang ditunggu-tunggu oleh semua pihak yang terlibat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi