Dalam 10 Tahun Terakhir, Dolar Amerika Serikat Kehilangan 99,5% Nilainya terhadap Bitcoin!

author:

Dalam 10 Tahun Terakhir, Dolar Amerika Serikat Kehilangan 99,5% Nilainya terhadap Bitcoin!

Meskipun Dolar AS (USD) dikenal sebagai salah satu mata uang fiat terkuat dalam waktu yang lama dan berhasil mengungguli 115 mata uang nasional dalam dekade terakhir, mata uang resmi Amerika Serikat ini jauh tertinggal oleh Bitcoin (BTC) dalam periode yang sama. Bahas lebih lanjut, yuk!

Dolar AS vs Bitcoin: Sebuah Dekade Perbandingan

Data yang diperoleh oleh Finbold dari grafik harga BTC/USD di TradingView menunjukkan bahwa mata uang fiat dari salah satu negara terkaya di dunia ini tidak mampu mempertahankan nilainya terhadap cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar terbesar.

Baca juga: Bitcoin Catat Performa Terbaik September Sejak 2016: Apa yang Diharapkan di Oktober?

perbandingan dolar amerika dan bitcoin
Sumber: Trading View

Dari 30 September 2013 hingga tanggal yang sama sepuluh tahun kemudian di 2023, Dolar AS kehilangan 99,52% dari nilainya terhadap Bitcoin. Menariknya, ini juga mewakili apresiasi harga yang lebih dari 22.000% untuk BTC terhadap USD.

Latar Belakang dan Pengaruh Global

Pada akhir 2013, bank sentral Tiongkok diketahui mulai menindak Bitcoin dengan melarang lembaga keuangan lokal menangani transaksi BTC. Tahun itu juga menjadi tahun dimana indeks terkenal seperti CoinGecko dan CoinMarketCap mulai melacak harga cryptocurrency.

Jika Bitcoin mampu mengungguli dolar Amerika Serikat hampir secara keseluruhan daya belinya dalam 10 tahun terakhir, BTC terbukti menjadi pilihan mata uang yang lebih kuat dibandingkan mata uang fiat lainnya yang mengalami kerugian besar-besaran terhadap USD.

Charlie Bilello, Kepala Strategi Pasar di Creative Planning, membagikan grafik terbaru pada tanggal 28 September dengan 115 mata uang fiat yang kehilangan nilainya terhadap dolar AS dalam jangka waktu 10 tahun.

perjalanan dolar amerika serikat
Sumber: Twitter

Baca juga: Sejarah Uptober, Begini Prediksi Harga Bitcoin untuk Halloween 2023!

Nilai Bitcoin Dibandingkan dengan Mata Uang Fiat Lainnya

Bahkan, menurut data yang dibagikan oleh Charlie Bilello, mata uang dengan kinerja terburuk kedua, Sudanese Pound (SDG), kehilangan daya belinya terhadap dolar lebih sedikit dibandingkan dolar itu sendiri terhadap Bitcoin.

Selain itu, meskipun tidak memiliki catatan 10 tahun dari BTC versus Rupee India (INR) atau Rupee Pakistan (PKR), mengingat mereka kehilangan 24,7% dan 63,6% terhadap dolar, dapat disimpulkan bahwa kerugian mereka terhadap Bitcoin dalam dekade ini adalah masing-masing 99,63% dan 99,82%.

Meskipun Dolar AS telah menunjukkan kekuatannya terhadap banyak mata uang fiat lainnya, dominasinya tampaknya berkurang ketika dihadapkan dengan Bitcoin. Dengan pertumbuhan eksponensial Bitcoin dalam dekade terakhir, mata uang crypto ini telah menetapkan dirinya sebagai aset yang harus diperhitungkan dalam lanskap keuangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: