Wow! Dunia Crypto Nike-RTFKT Mendekati $1,4 Miliar dalam Perdagangan NFT

author:

Wow! Dunia Crypto Nike-RTFKT Mendekati $1,4 Miliar dalam Perdagangan NFT

Dalam sebuah gebrakan yang menggemparkan industri fashion dan teknologi, Nike bersama startup Web3 RTFKT telah menciptakan semesta NFT yang menakjubkan. Dengan berhasil mengumpulkan volume perdagangan hampir $1,4 miliar dalam waktu kurang dari dua tahun, kolaborasi ini telah membuktikan bahwa gabungan dunia fisik dan digital melalui NFT bukan hanya tren, tetapi juga masa depan yang menguntungkan.

Koleksi CloneX Memimpin Pasar

Sejak Desember 2021, Nike-RTFKT NFT telah mendorong volume perdagangan hampir $1,4 miliar, menurut data The Block Research. Pada saat yang sama, lebih dari dua lusin koleksi total RTFKT, termasuk penurunan avatar NFT CloneX-Takashi Murakami pada akhir 2021, telah menghasilkan $170 juta, menurut DefiLlama.

Baca juga: “Forging Event” RTFKT x Nike Dunk Genesis: Dari NFT ke Sepatu Fisik!

koleksi nft nike
Sumber: The Block

Meskipun sebagian besar dari angka-angka tersebut adalah berkat keberhasilan koleksi CloneX, yang diluncurkan selama puncak kenaikan crypto, volume dan pendapatan dari koleksi lainnya masih patut diperhatikan. Dalam beberapa kasus, memiliki NFT telah membuka peluang bagi konsumen untuk memesan Nike edisi terbatas yang dilengkapi dengan label otentikasi khusus yang tertanam di sepatu.

Ribuan penggemar sepatu, dan bahkan pemain hebat NBA LeBron James, telah memanfaatkan kesempatan ini.

Lonjakan Perdagangan dan Antusiasme Komunitas

nike dunk genesis
Sumber: RFTKT

“Kualitasnya benar-benar, benar-benar, benar-benar bagus. Saya akan mengatakan lebih baik dari sepatu Nike lainnya yang saya miliki,” kata fotografer Frankie Sutera, seorang kolektor sepatu lama dan penggemar NFT yang tinggal di Utah. Sutera telah memesan total sembilan pasang sepatu Nike-RTFKT setelah mendapatkan NFT yang diperlukan.

Selama “forging” terakhir, dia memesan delapan pasang edisi khusus RTFTK Air Force 1s dan baru-baru ini satu pasang Dunk Genesis Cryptokicks, yang tersedia untuk dipesan bulan lalu. “Forging” adalah jendela terbatas khusus di mana pemilik token Nike-RTFKT dapat memesan pasangan fisik sepatu, memilih ukuran dan desain yang mereka inginkan.

Forging terbaru dari Dunk Genesis Cryptokicks, yang berlangsung dari 18 hingga 30 Oktober 2023 lalu, menyebabkan perdagangan untuk NFT yang diperlukan melonjak menjadi $613,000 selama bulan itu, menurut data CryptoSlam! Pada bulan September, perdagangan untuk token tersebut mencatatkan angka yang hangat sebesar $85,000, artinya lonjakan Oktober merupakan keuntungan lebih dari 600% dari bulan ke bulan.

“Kegembiraan yang terus kami lihat untuk Nike Cryptokicks di OpenSea … menunjukkan bagaimana teknologi ini memberdayakan penggemar dengan kepemilikan yang melekat,” kata Kelly DiGregorio, wakil presiden kemitraan konten di pasar NFT besar OpenSea.”

Baca juga: Dibanderol Rp3 Juta, Nike dan RTFKT Berikan Penawaran Sepatu Eksklusif untuk Pemegang NFT

Dampak Lebih Luas dan Potensi Masa Depan

Keberhasilan NFT Nike dan RTFKT telah menarik perhatian perusahaan lain seperti Adidas dan Puma, yang mulai mengeksplorasi tokenisasi untuk otentikasi dan konten eksklusif.

Penggabungan teknologi blockchain dalam dunia fisik dan digital ini tidak hanya memastikan keaslian produk tetapi juga menjadi fitur kunci dalam mencegah pembelian produk palsu, terutama di pasar sepatu yang sangat rentan terhadap barang tiruan.

Pada akhirnya, kolaborasi antara Nike dan RTFKT dalam menciptakan semesta NFT telah menunjukkan potensi besar dari penggabungan ranah fisik dan digital. Dengan teknologi blockchain yang meningkatkan keaslian dan memicu minat dari pemain industri lain, kita dapat mengharapkan lebih banyak inovasi serupa yang akan mengubah cara kita melihat produk dan keaslian di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: