Gak Mau Ketinggalan, Nike Ikut Terjun ke Bisnis Web3!

Gak Mau Ketinggalan, Nike Ikut Terjun ke Bisnis Web3!

Dilansir dari laman Decrypt, Nike merupakan salah satu pemain terbesar di industri fashion yang terlibat dalam Web3 melalui RTFKT, NFT dan startup pakaian digital yang diakuisisi Nike pada akhir 2021.

Nike secara bertahap membawa brand-nya ke dalam industri Web3. Saat ini, Nike kembali mengembangkan bisnis Web3 nya dengan meluncurkan platform baru bernama .Swoosh.

Apa Tujuan Dibuatnya Platform .Swoosh?

Apa Tujuan Dibuatnya Platform .Swoosh?
Nike

Platform .Swoosh disebut sebagai pusat bisnis digital Nike di ranah Web3. Platform ini dirancang untuk fokus pada NFT brand dan pengembangan pakaian virtual. .Swoosh juga dirancang untuk menyiapkan masa depan para pelanggannya dalam berkontribusi pada brand Nike sebagai co-creator dan berbagi royalti produk digital.

Dilansir dari Decrypt, Nike akan menggunakan platform tersebut sebagai hub untuk meluncurkan pakaian virtual seperti t-shirt dan sepatu kets untuk avatar yang dapat digunakan dalam game Web3. Platform ini juga akan memanfaatkan teknologi Web3 untuk memungkinkan penggunanya dalam mendapatkan pakaian fisik eksklusif atau berinteraksi dengan atlet profesional.

NFT Nike Diluncurkan di Jaringan Polygon

NFT Nike Diluncurkan di Jaringan Polygon

Sumber: Twitter 0xPolygon

Berdasarkan informasi dari Vogue Business, perusahaan ini berencana untuk secara bertahap melibatkan pengguna baru mereka masuk ke dalam platform tertutup hingga akhir tahun 2022.

Koleksi NFT pakaian Nike akan dicetak di Polygon yang merupakan jaringan sidechain Ethereum, sedangkan produk Nike dan RTFKT telah diluncurkan melalui mainnet Ethereum pada April 2022 yang lalu. Dikutip dari laman Fast Company, Nike berencana untuk menjual sepasang sepatu kets digital mereka dengan harga kurang dari $50.

Baca Juga: Keren! Brand Mewah Burberry Luncurkan NFT di Metaverse Minecraft

GM Nike Virtual Studios Ron Faris mengatakan bahwa Nike mencoba membentuk pasar masa depan dengan platform yang dapat diakses untuk para pendukung Web3. Ia menambahkan bawah platform ini akan memungkinkan para anggota komunitasnya untuk membuat, berbagi, dan memperdagangkan koleksi digital mereka sendiri.

Kerja Sama Nike dengan RTFKT Hasilkan Penjualan $93 juta

Kerja Sama Nike dengan RTFKT Hasilkan Penjualan $93 juta

Sumber: Twitter ycxcRTFKT

Dalam sebuah utas tweet, perwakilan RTFKT mengklarifikasi bahwa studio ini tidak mengawasi proyek .Swoosh namun akan tetap membantu Nike untuk memperluas lebih jauh ke Web3. Perusahaan ini juga menambahkan bahwa Nike akan merilis pakaian digital untuk avatar CloneX NFT RTFKT. Koleksi NFT ini dapat digunakan di game Web3 dan di dunia Metaverse.

Nike dan RTFKT berkolaborasi pada proyek sepatu NFT digital berbasis Ethereum yang disebut CryptoKicks. RTFKT terkenal karena proyek CloneX PFP-nya yang bekerja sama dengan seniman terkenal Takashi Murakami dan diluncurkan pada November 2021 lalu. Dilansir dari CryptoSlam, proyek tersebut telah menghasilkan volume perdagangan pasar sekunder senilai $762 juta.

Baca Juga: Brand Jam Tangan dan Perhiasan Mewah Terima Pembayaran Crypto!

Menurut data blockchain publik yang dikumpulkan melalui Dune, Nike telah menghasilkan $93 juta hingga saat ini dalam penjualan NFT dan royalti perdagangan NFT senilai $92 juta. Sebagian besar pendapatan itu berasal dari CloneX dan RTFKT.

Selain Nike, Vogue, majalah gaya hidup dan mode Amerika Serikat, juga ikut terlibat dalam pengembangan NFT dan Web3. Penasihat teknologi, Technavio, memperkirakan bahwa Metaverse akan mencapai nilai pasar sebesar $50,37 miliar pada tahun 2026. Simak berita selengkapnya mengenai Vogue Bangun Komunitas Web3 Fashion Metaverse Pertama di Dunia di sini.

Referensi: