Pemerintah Nigeria Berikan Undang Terbuka untuk Ahli Global Demi Strategi AI Nasional!

author:

Pemerintah Nigeria Berikan Undang Terbuka untuk Ahli Global Demi Strategi AI Nasional!

Saat ini, Nigeria sedang berada di ambang revolusi teknologi dengan rencananya untuk mengembangkan Strategi AI Nasional. Menteri Komunikasi, Inovasi, dan Ekonomi Digital Nigeria, Dr. Bosun Tijani, telah mengumumkan bahwa negara ini mengundang ahli AI, khususnya yang berasal dari Nigeria, untuk berkontribusi dalam pembentukan strategi ini.

Lebih lanjut, inisiatif ini diharapkan akan membawa dampak signifikan pada bagaimana pemerintah menangani tantangan nasional melalui solusi teknologi.

Strategi AI Nasional: Sebuah Langkah Menuju Masa Depan

strategi ai nasional nigeria
Sumber: Twitter

Strategi AI Nasional Nigeria adalah bagian dari upaya lebih besar untuk memanfaatkan teknologi dalam menyelesaikan masalah nasional. Menurut sebuah studi oleh PricewaterhouseCoopers, AI diharapkan akan berkontribusi sekitar $15,7 triliun ke ekonomi global pada tahun 2030.

Baca juga: Google Cloud dan El Salvador Bermitra untuk Digitalisasi Negara

Dari jumlah tersebut, sekitar $3 triliun akan berasal dari peningkatan produktivitas dan $9,1 triliun dari barang dan jasa inovatif.

“Kami mengundang semua ahli AI, terutama yang berakar di Nigeria, untuk berkontribusi dalam strategi ini,” kata Dr. Tijani.

Keterlibatan Publik dan Ahli dalam Pembuatan Strategi

Pemerintah Nigeria tidak hanya mengandalkan keahlian lokal tetapi juga membuka pintu untuk kolaborasi global dalam pembentukan strategi AI-nya. Mereka telah menggunakan metode yang canggih, termasuk analisis data publikasi AI global dan model machine learning, untuk mengidentifikasi peneliti AI yang berpengaruh dengan akar Nigeria.

“Kami berupaya menciptakan strategi yang komprehensif dan efektif dengan mengundang ahli dari seluruh dunia,” kata Dr. Bosun Tijani, Menteri Komunikasi, Inovasi, dan Ekonomi Digital Nigeria.

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk memasukkan masukan dari publik dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Mereka mengakui bahwa kebijakan yang efektif memerlukan perspektif yang beragam dan inklusif. Oleh karena itu, pemerintah berkomitmen untuk memanfaatkan kebijaksanaan dan wawasan kolektif dalam pembuatan strategi ini.

Baca juga: Menuju Ekonomi Digital, Supir Taksi dan Bus di Jamaika Sambut CBDC Jam-Dex

Dampak Potensial pada Ekonomi dan Sektor Lainnya

Selain dampak ekonomi, AI juga memiliki potensi untuk membawa perubahan positif dalam berbagai sektor lainnya seperti kesehatan, pendidikan, dan transportasi.

Kashifu Inuwa, Direktur Jenderal Badan Pengembangan Teknologi Informasi Nasional (NITDA), berencana untuk membentuk komunitas pengembang AI di seluruh Nigeria. Inisiatif ini akan dimulai di tiga negara bagian pada tahun 2023, dengan rencana strategis untuk ekspansi ke negara bagian lain dan akhirnya mencakup semua area pemerintah lokal.

Dengan mengundang ahli dari seluruh dunia, Nigeria menunjukkan komitmennya untuk memanfaatkan AI dalam menyelesaikan tantangan nasional. Inisiatif ini tidak hanya akan membantu Nigeria tetap kompetitif di panggung global tetapi juga akan membuka peluang baru untuk inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: