Nah Loh! Nigeria Akan Segera Musnahkan Uang Kertas, Gimana Nasib Warganya?

Array

Nah Loh! Nigeria Akan Segera Musnahkan Uang Kertas, Gimana Nasib Warganya?

Hanya ada beberapa hari tersisa sebelum uang kertas naira versi lama Nigeria dihapus dari peredaran. Beberapa bank menuduh Bank Sentral Nigeria gagal mendistribusikan uang kertas baru yang cukup.

Bagaimana rencana pemusnahan uang kertas yang dilakukan pemerintah Nigeria dan bagaimana dampaknya pada warga Nigeria? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman The Bit Times berikut ini.

Kurang Dari 40% ATM Membagikan Uang Kertas Baru

Tenggat waktu Bank Sentral Nigeria untuk memusnahkan uang kertas versi lama jatuh pada 31 Januari 2023. Kini, kurang dari 40% ATM membagikan uang kertas baru.

Baca Juga: Nigeria Luncurkan Node Bitcoin Lightning Pertamanya: Transaksi Jadi Cepat, Mudah, dan Murah!

Menurut laporan Guardian, beberapa orang dalam bank bersikukuh bahwa kelangkaan tersebut disebabkan oleh Bank Sentral Nigeria yang belum mendistribusikan uang kertas baru dalam jumlah yang cukup.

Seorang bankir yang tidak disebutkan namanya dari Lagos mengklaim bahwa cabang mereka hanya mendapat uang kertas baru senilai Rp49,4 juta pada pertengahan Januari 2023 dan tidak memiliki stok baru dari naira.

Bank Sentral Nigeria Menolak Tunduk pada Tekanan

Bank Sentral Nigeria Menolak Tunduk pada Tekanan
THISDAYLIVE

THISDAYLIVE

Ketakutan bahwa banyak orang Nigeria akan alami kesulitan ketika uang kertas naira lama dihapus telah mendorong beberapa politisi untuk menyerukan perpanjangan tenggat waktu. Namun, Bank Sentral Nigeria sejauh ini menolak untuk tunduk pada tekanan dan bersikeras bahwa tenggat waktu masih berlaku.

Sementara itu, beberapa warga Nigeria berpendapat bahwa Bank Sentral Nigeria mungkin sengaja menyuntikkan uang kertas yang tidak memadai sebagai bagian dari upaya untuk memaksa warganya beralih ke alternatif uang digital termasuk central bank digital currency (CBDC).

Mulai awal Maret 2023, pejabat publik Nigeria akan melarang penarikan uang tunai dari rekening bank pemerintah. Pengumuman ini disampaikan oleh kepala Unit Intelijen Keuangan Nigeria dan menyebutkan bahwa pejabat publik yang ingin dibebaskan dari peraturan baru ini harus mendapatkan izin pembebasan dari Kepresidenan Nigeria.

Apa yang membuat pemerintah Nigeria melarang penarikan uang tunai di negaranya? Simak informasi selengkapnya mengenai Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array