Pemerintah Nigeria Luncurkan Skema Penelitian AI dengan Dukungan Dana hingga $290 Ribu!

author:

Pemerintah Nigeria Luncurkan Skema Penelitian AI dengan Dukungan Dana hingga $290 Ribu!

Pemerintah Nigeria baru-baru ini mengumumkan skema penelitian AI terbaru mereka dengan dukungan dana sebesar $290 ribu. Inisiatif ini dirancang untuk memfasilitasi pemanfaatan AI secara luas guna mendorong kemajuan ekonomi.

Skema Penelitian AI Nigeria

Skema Penelitian AI Nigeria baru-baru ini diperkenalkan dengan tujuan untuk memfasilitasi pemanfaatan AI secara luas guna mendorong kemajuan ekonomi. Bosun Tijani, Menteri Komunikasi, Inovasi dan Ekonomi Digital Nigeria, mengungkapkan pada hari Jumat, 13 Oktober, bahwa pemerintah berencana untuk memberikan hibah sebesar 5 juta naira ($6,444) kepada 45 startup dan peneliti yang berfokus pada AI.

Baca juga: Bank Sentral Nigeria: eNaira Tidak Mengancam Stabilitas Keuangan!

ai di nigeria
Sumber: Twitter

Inisiatif ini diumumkan oleh menteri dalam sebuah postingan di X (sebelumnya Twitter) dan merupakan bagian dari Skema Penelitian AI Nigeria yang baru diperkenalkan. Area fokus skema ini mencakup pertanian, pendidikan dan tenaga kerja, keuangan, tata kelola, kesehatan, utilitas dan keberlanjutan.

Kriteria dan Proses Seleksi

Untuk memenuhi syarat mendapatkan hibah, pelamar harus membentuk konsorsium yang terdiri dari startup atau perusahaan teknologi, peneliti dari universitas Nigeria atau peneliti asing. Pelamar harus menyajikan proposal penelitian yang sejalan dengan area fokus AI Kementerian Komunikasi, Inovasi dan Ekonomi Digital.

Selain itu, mereka harus menyediakan proposal komprehensif yang menyoroti dampak ekonomi potensial proyek tersebut di Nigeria. Pelamar harus memiliki rekam jejak yang terbukti unggul dalam penelitian atau kewirausahaan dan diharapkan untuk menerbitkan setidaknya satu artikel yang ditinjau oleh sejawat dalam satu tahun setelah menerima hibah.

Peluang Kolaborasi dan Strategi Nasional AI

skema penelitian ai nigeria

Pada bulan Agustus lalu, pemerintah Nigeria mengundang ilmuwan keturunan Nigeria, serta para ahli terkenal di dunia yang telah bekerja dalam pasar Nigeria, untuk berkolaborasi dalam merumuskan Strategi AI Nasional mereka. Periode aplikasi dimulai pada 13 Oktober 2023, dan berakhir pada 15 November 2023.

Kementerian telah menunjukkan bahwa panel spesialis AI akan menilai proposal tersebut. Ini adalah langkah besar bagi Nigeria dalam memanfaatkan teknologi AI untuk kemajuan ekonomi dan inovasi.

Pada akhirnya, inisiatif ini menunjukkan komitmen pemerintah Nigeria dalam mendukung perkembangan teknologi AI dan ekosistem digital di negara tersebut. Dengan dukungan dana yang signifikan, skema penelitian ini diharapkan dapat mendorong inovasi dan penelitian AI di Nigeria.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: