Nigeria Luncurkan Code Clubs untuk Generasi Muda yang Siap Pimpin Revolusi Digital!

author:

Nigeria Luncurkan Code Clubs untuk Generasi Muda yang Siap Pimpin Revolusi Digital!

Di era digital yang terus berkembang, Nigeria tidak ingin tertinggal. Pemerintah Nigeria, bekerja sama dengan Raspberry Pi Foundation dari Inggris, baru-baru ini mengumumkan peluncuran ‘Code Clubs’ di seluruh negeri. Program ini dirancang untuk membekali generasi muda Nigeria dengan keterampilan coding dan teknologi digital.

Pembangunan Fondasi Digital untuk Masa Depan

Code Clubs ini ditujukan untuk siswa berusia 7 hingga 17 tahun. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan mereka pada dunia coding dan teknologi digital. Dengan memulai dari 17 pusat pertukaran pengetahuan, program ini akan berkembang ke berbagai lokasi di enam zona geopolitik Nigeria.

code clubs nigeria
Sumber: Twitter

Baca juga: Nigeria Pecahkan Rekor! 99% Penduduknya Kini Mengenal Crypto!

Pada tahap awal, klub-klub ini akan fokus pada pengenalan dasar-dasar coding dan pemecahan masalah kreatif. Ini merupakan langkah awal dalam membangun generasi yang melek digital dan inovatif di Nigeria. Program ini diharapkan dapat menginspirasi anak-anak muda untuk menggunakan teknologi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Kolaborasi untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Kerja sama antara Pemerintah Nigeria dan Raspberry Pi Foundation merupakan langkah penting dalam memajukan ekonomi digital Nigeria. Raspberry Pi Foundation akan menyediakan toolkit, dukungan, dan panduan bagi pendidik dan peserta muda, sementara Kementerian akan mengawasi pembuatan dan operasional Code Clubs.

Para mitra, termasuk individu, lembaga pendidikan, dan organisasi yang berdedikasi untuk pendidikan komputasi, akan mendapatkan dukungan dan panduan operasional dari organisasi pusat yang ditunjuk. Inisiatif ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi digital Nigeria dengan meningkatkan pengetahuan teknis dan pengembangan bakat.

Baca juga: Pemerintah Nigeria Luncurkan Skema Penelitian AI dengan Dukungan Dana hingga $290 Ribu!

Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Teknologi

Jalur pendidikan yang ditawarkan kepada mitra Code Club akan mencakup berbagai topik terkait coding dan teknologi. Ini termasuk pengembangan game, algoritma dan pemecahan masalah, pengenalan coding, konsep dasar, pengembangan web, bahasa pemrograman, dan pembelajaran berbasis proyek.

Pemerintah Nigeria, dalam upayanya untuk memajukan skema penelitian kecerdasan buatan di negara itu, juga telah mengumumkan program yang memberikan dana sebesar 5 juta naira ($6.444) kepada 45 startup dan peneliti yang berfokus pada AI. Langkah ini menunjukkan komitmen serius Nigeria dalam mempersiapkan generasi muda untuk masa depan yang didominasi oleh teknologi.

Pada akhirnya, inisiatif Code Clubs ini menandai langkah besar bagi Nigeria dalam mempersiapkan generasi muda mereka untuk masa depan digital. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan coding dan teknologi, Nigeria berada di jalur yang tepat untuk menjadi pemimpin dalam ekonomi digital global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: