Nigeria Beralih ke Blockchain, Pengaruh Besar untuk Identitas Digital!

Nigeria Beralih ke Blockchain, Pengaruh Besar untuk Identitas Digital!

Dilansir dari Cointelegraph, Nigeria baru saja meluncurkan kebijakan nasional blockchain, yang akan memberi dampak besar pada identitas digital di negara tersebut. Kebijakan ini dirancang untuk memaksimalkan potensi teknologi blockchain dalam meningkatkan transparansi, keamanan, dan efisiensi dalam berbagai sektor.

Mari kita telusuri dampak dan potensi kebijakan ini dalam mengubah perekonomian dan kehidupan warga Nigeria. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kebijakan Blockchain dan Identitas Digital

teknologi blockchain di nigeria
Sumber: Blockchain News

Kebijakan blockchain baru Nigeria memperkenalkan sistem identitas digital yang aman dan dapat diandalkan untuk warga negara dan penduduknya. Sistem ini akan memberikan bukti otentikasi dan verifikasi identitas digital seseorang, dan akan menjamin privasi dan keamanan data pribadi mereka.

Selain itu, sistem identitas digital ini juga memungkinkan akses yang lebih mudah dan cepat pada layanan pemerintah dan keuangan, serta memungkinkan penerapan sistem pembayaran digital yang lebih aman dan efisien.

Dr. Isa Ali Ibrahim Pantami, Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Nigeria, menyatakan bahwa sistem identitas digital yang aman dan terpercaya adalah kunci dalam menghadapi tantangan ekonomi digital, dan kebijakan blockchain baru Nigeria akan membantu mencapai tujuan ini

Namun, Profesor Olayinka David-West, Direktur Program Eksekutif Digital Business di Lagos Business School, mengatakan bahwa kebijakan ini harus diimplementasikan dengan hati-hati dan cermat, karena dapat menimbulkan masalah keamanan dan privasi data jika tidak diatur dengan benar.

Dalam rangka untuk memastikan keamanan dan privasi data pribadi, kebijakan blockchain baru Nigeria menetapkan standar keamanan data yang ketat dan mengadopsi teknologi blockchain sebagai dasar sistem identitas digital.

Baca Juga: Kebijakan Blockchain Nasional Nigeria Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah

Dampak Kebijakan Blockchain pada Ekonomi Digital

dampak kebijakan blockchain pada ekonomi digital
Sumber: PYMNTS

Kebijakan blockchain baru Nigeria diyakini akan memberikan dampak positif pada ekonomi digital di seluruh dunia. Salah satu keuntungan utama dari kebijakan ini adalah meningkatkan transparansi dalam perdagangan dan bisnis digital.

Hal ini dapat membantu meminimalkan praktik kecurangan dan mempercepat proses bisnis yang menguntungkan perusahaan dan pelanggan.

John O. Obaro, CEO dari SystemSpecs, perusahaan teknologi terkemuka di Nigeria, mengatakan bahwa kebijakan blockchain baru Nigeria akan membantu meningkatkan kepercayaan dan keandalan sistem keuangan, karena sistem ini dapat melacak dan memverifikasi setiap transaksi yang dilakukan. Ini juga dapat membantu meningkatkan akses ke layanan keuangan dan mempercepat proses pembayaran digital di seluruh Nigeria.

Baca Juga: Sempat Batasi Penarikan Uang, Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai! Crypto Solusinya?

Langkah Menuju Masa Depan Digital

Kebijakan blockchain baru Nigeria adalah langkah besar dalam memajukan ekonomi digital dan menunjukkan visi masa depan yang cerah bagi Nigeria. Langkah ini juga mendapat dukungan dari banyak kalangan, termasuk perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan IBM.

Microsoft Nigeria menyatakan bahwa mereka senang mendukung kebijakan blockchain baru Nigeria dan akan bekerja sama dengan pemerintah untuk membantu mengimplementasikannya. IBM Nigeria juga mengatakan bahwa kebijakan ini dapat membantu meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam sistem bisnis, dan berharap dapat berkontribusi pada pengembangan infrastruktur teknologi di Nigeria.

Referensi: