Seni NFT Van Gogh Ludes Terjual, Total Harganya Mencapai Rp38 Miliar!

author:

Seni NFT Van Gogh Ludes Terjual, Total Harganya Mencapai Rp38 Miliar!

Dunia seni digital kembali diramaikan dengan transaksi penjualan dua buah karya seni NFT (Non-Fungible Token) yang mengambil inspirasi dari karya seniman terkenal asal Belanda, Vincent Van Gogh. Dua karya tersebut sukses terjual dengan total nilai mencapai lebih dari $2,5 juta atau setara dengan Rp38 miliar!

Van Gogh dan Dunia NFT

museum nasional karya van gogh metaverse
Sumber: NFT Plazas

Dua buah karya seni digital yang mengambil inspirasi dari karya Van Gogh ini sukses menarik minat pasar. Satu karya berhasil terjual dengan harga $1,3 juta atau Rp20 miliar, sementara karya lainnya laku seharga $1,27 juta atau Rp19 miliar.

Baca juga: Museum Nasional Spayol dan Olyverse Membawa Karya Van Gogh ke NFT dan Metaverse!

Transaksi penjualan ini dilakukan dengan menggunakan Bitcoin, menunjukkan minat yang semakin besar terhadap seni klasik dalam bentuk NFT. Kedua karya yang dikenal dengan nomor 132 dan 283 ini, terjual dengan harga 35.9999 BTC dan 34.9999 BTC masing-masing di jaringan Bitcoin.

Transaksi yang mengejutkan ini tidak hanya menunjukkan peningkatan nilai seni digital bertema Van Gogh, tetapi juga menyoroti peran penting Bitcoin dalam pasar NFT.

Musée d’Orsay dan Inisiatif NFT

Di tengah meningkatnya minat ini, Musée d’Orsay di Paris mengumumkan proyek unik koleksi digital mereka. Mengambil inspirasi dari Van Gogh, mereka akan mencetak NFT eksklusif di blockchain Tezos.

Proyek ini juga mencakup pengalaman realitas tertambah dan karya seni digital oleh seniman Prancis KERU, yang mencerminkan gaya artistik Van Gogh. Musée d’Orsay juga berencana untuk mengundang seniman digital yang menggunakan blockchain dalam karya mereka untuk mengurasi koleksi yang dipengaruhi oleh pameran tetap museum mulai tahun 2024.

Baca juga: Taproot Wizards: Membangkitkan Kembali ‘Sihir’ Bitcoin dengan Pendanaan $7,5 Juta!

Revitalisasi Pasar NFT

Penjualan dengan profil tinggi ini menjadi dorongan yang meremajakan pasar NFT. Pasar ini mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Namun, keberhasilan NFT ini sejalan dengan data terbaru dari CryptoSlam.io. Data tersebut menunjukkan peningkatan penjualan koleksi digital global sebesar 40%, menandakan pemulihan yang kuat. Penjualan baru-baru ini menetapkan standar baru dalam lelang seni digital.

Tidak hanya itu, pembelian heboh ini juga menandakan kebangkitan pasar NFT, Singkatnya, saat seni tradisional bertemu teknologi modern, penjualan ini menandai momen penting dalam evolusi pengumpulan seni di era digital.

Melalui penjualan ini, jelas bahwa NFT bukanlah tren yang akan segera berlalu. Sebaliknya, ini adalah awal dari era baru dalam dunia seni dan koleksi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: