NFT: Siap-siap, Tren Baru Akan Datang di Tahun 2024!

NFT: Siap-siap, Tren Baru Akan Datang di Tahun 2024!

Dunia NFT sedang bersiap untuk menjadi pendorong utama adopsi Web3 di tahun 2024. Namun, proyek NFT yang sukses di masa mendatang akan terlihat sangat berbeda dari sebelumnya.

NFT Akan Kembali Berjaya di Tahun 2024

Menutup tahun 2023, kita melihat kebangkitan kembali minat terhadap NFT. Merek-merek NFT menjual produk mereka di pengecer besar fisik dan daring. Kita juga melihat peluncuran game berbasis blockchain besar. Dan perusahaan-perusahaan yang lebih mapan mulai memasuki ruang NFT.

Akibatnya, pembangunan merek berbasis NFT siap menjadi pendorong signifikan adopsi Web3 di tahun 2024. Gelombang produk NFT sukses berikutnya kemungkinan akan terlihat sangat berbeda dari kebanyakan yang pernah kita lihat sebelumnya.

Baca Juga: Kurva Bonding: Menyelaraskan Kepentingan Pemangku Kepentingan DAO

Alih-alih berfokus pada sejumlah kecil aset bernilai tinggi, banyak dari produk ini akan diproduksi dalam jumlah besar – dan dijual dengan harga yang lebih terjangkau, menargetkan pasar konsumen yang lebih luas. Mereka akan difokuskan pada penciptaan nilai langsung, bukan spekulasi.

Dan banyak pelanggan akan memperoleh dan menggunakan aset digital ini tanpa menyadari bahwa aset tersebut berjalan di jaringan kripto. Kita telah melihat eksperimen dengan NFT pasar massal sebagai koleksi digital, dari perusahaan seperti Nike, Reddit, Starbucks – dan ya, bahkan mantan Presiden AS Donald Trump.

NFT yang Lebih Kecil dan Lebih Mudah Diakses

crypto nft marketplace
Generated by AI

Anggota Starbucks Odyssey, misalnya, telah membuat seluruh situs web pihak ketiga yang didedikasikan untuk program tersebut dan menyelenggarakan pertemuan dan acara tidak resmi tanpa keterlibatan langsung dari Starbucks.

Ini juga meluas ke dunia digital, karena anggota telah membuat obrolan grup mereka sendiri dengan teman-teman dari server Starbucks publik, yang berarti anggota komunitas yang tidak akan saling mengenal tanpa NFT ini sekarang tetap terhubung setiap hari di dunia digital dan fisik. Ini bisa sama efektifnya untuk bisnis kecil dan kreator solo seperti halnya untuk perusahaan besar.

Tetapi ini bekerja paling baik ketika komunitas dapat menjadi luas dan berkembang. Agar merek seperti Starbucks atau Nike mendapatkan hasil maksimal dari produk NFT mereka, mereka pada akhirnya harus dapat membawa produk tersebut ke basis pelanggan global mereka secara penuh.

Sebaliknya, setiap kali pelanggan ingin menjadi bagian dari ekosistem digital merek, mereka harus bisa. (Ini, jika ada, bahkan lebih berlaku untuk bisnis dengan pengikut yang lebih lokal.) Ini menyiratkan bahwa produk NFT yang lebih kecil dan lebih mudah diakses yang telah kita lihat bukan hanya eksperimen – itu adalah masa depan.

Masa Depan NFT: Komunitas dan Aksesibilitas

Masa depan NFT terletak pada penciptaan komunitas dan aksesibilitas yang lebih luas. Produk NFT yang sukses di tahun 2024 akan diproduksi dalam jumlah besar, dijual dengan harga terjangkau, dan difokuskan pada penciptaan nilai langsung.

Merek-merek besar dan kecil akan menggunakan NFT untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka dan mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Baca Juga: Citi Bank Berkolaborasi dengan Avalanche untuk Menjelajahi Tokenisasi Dana Ekuitas Swasta!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi