Disebut ‘Code Canvas’, Platform NFT Seni Generatif Ini Hadir di Blockchain Solana!

Disebut ‘Code Canvas’, Platform NFT Seni Generatif Ini Hadir di Blockchain Solana!

Pada Rabu, 8 Maret 2023, tim di balik digital fine art marketplace berbasis Solana, Exchange.Art mengatakan bahwa mereka telah merilis platform NFT seni generatif. Disebut sebagai Code Canvas, platform ini akan memungkinkan para kreator dan kolektor NFT untuk mencetak dan memperdagangkan NFT seni generatif di blockchain Solana.

Mirip dengan platform seni generatif berbasis Ethereum andalan Art Blocks, Code Canvas akan mengkurasi penjualan NFT seni generatif berbasis Solana. Simak berita lengkapnya berikut ini!

NFT Seni Generatif Hadir di Blockchain Solana

NFT Seni Generatif Hadir di Blockchain Solana
Sumber: Coindesk

Adam Karren, Chief Product Officer Code Canvas, mengatakan kepada CoinDesk bahwa ia sangat senang dapat menghadirkan seni generatif, sebuah bentuk seni yang lahir di abad ke-20 yang telah direvitalisasi melalui teknologi blockchain, ke ekosistem NFT Solana yang sedang berkembang.

“Kami sangat senang karena ada banyak sekali seniman yang ingin bergabung dengan Solana karena berbagai alasan. Keterjangkauan untuk benar-benar mencetak on-chain, kecepatan dan pengalaman pengguna adalah yang utama,” ujar Karren, dikutip dari Coindesk, Kamis (9/3/2023).

Karren mengatakan bahwa dia berharap dapat menggaet seniman yang berfokus pada ekosistem seni rupa Ethereum dan Tezos. Dua koleksi pertama platform ini akan dirilis oleh seniman generatif asli Tezos, Leander Herzog, pada 8 Maret 2023, dan disusul oleh StudioYorktown pada 22 Maret 2023.

Baca Juga: Kapitalisasi Pasar NFT Bitcoin Diprediksi Bisa Capai $4,5 Miliar Tahun 2025, Kok Bisa?

Code Canvas Sediakan CoCa Pass Holder, Untuk Apa?

Code Canvas Sediakan CoCa Pass Holder
Sumber: Akun Twitter Code Canvas

Dilansir dari Coindesk, Code Canvas bertujuan untuk memberi penghargaan kepada para kreator dan penggemar setia mereka melalui CoCa Pass, yang memberikan akses seumur hidup kepada para holdernya untuk mendapatkan drop NFT serta layanan minting.

“Kami mencoba untuk benar-benar membantu para seniman dan kolektor karena kami tidak mencoba menjadikan ini sebagai aset spekulatif. Kami benar-benar berusaha menciptakan komunitas yang lebih berkomitmen dan basis kolektor yang lebih berkomitmen,” ujar Karren, dikutip dari Coindesk, Kamis (9/3/2023).

Menurut Coindesk, Code Canvas juga berencana untuk memberlakukan royalti pada Solana. Di tengah panasnya perdebatan mengenai royalti yang pernah terjadi pada bulan November 2022, Exchange.Art menciptakan standar perlindungan royalti untuk membantu para kreator dalam melakukan pembayaran royalti di penjualan sekunder.

Referensi: