Jam Tangan Mewah dijadikan Jaminan Pinjaman DeFi: Kemajuan atau Kejanggalan?

Jam Tangan Mewah dijadikan Jaminan Pinjaman DeFi: Kemajuan atau Kejanggalan?

Seorang kolektor Nonfungible Token (NFT) berbagi kisah tentang bagaimana pinjaman DeFi dijaminkan melalui jam tangan mewah dan difasilitasi dengan NFT yang mewakili aset tersebut.

NFT Mewakili Aset Fisik sebagai Jaminan Pinjaman

Pada 11 Juli, penasihat proyek DeFi bernama CirrusNFT menjelaskan bagaimana pengguna dapat meminjam $35.000 dari pengguna lain dengan menggunakan NFT yang mewakili item fisik sebagai jaminan pinjaman.

Menurut eksekutif tersebut, pengguna mengirimkan jam tangan mewah Patek Phillipe ke 4K Protocol, sebuah firma escrow yang menangani NFT yang didukung oleh item fisik. Kemudian, perusahaan mengirimkan kembali NFT yang mewakili kepemilikan jam tangan.

Proses Pinjaman dan Dampaknya bagi Pasar DeFi

NFT tersebut kemudian dicantumkan di protokol pinjaman DeFi, Arcade. Setelah mencantumkan item tersebut, pemberi pinjaman memberikan penawaran mereka kepada peminjam.

Baca Juga: Badan Perdagangan Eropa Beberkan Pentingnya DeFi dalam MiCA

Pengguna kemudian menerima penawaran pinjaman terbaik yang dapat mereka temukan. Setelah itu, NFT dikirim ke dompet escrow, di mana ia akan tetap ada sampai pinjaman dibayar penuh atau jika peminjam gagal bayar.

Jika peminjam gagal membayar pinjaman, NFT akan diberikan kepada pemberi pinjaman. NFT tersebut kemudian dapat dihapus untuk mengklaim jam tangan.

Tanggapan Komunitas dan Kontroversi

Meskipun beberapa orang menyambut cara baru peminjaman dan pinjaman ini, ada juga yang berpendapat bahwa cara ini terpusat dan menambahkan NFT di tempat yang tidak perlu.

Baca Juga: Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

Meski begitu, satu anggota komunitas mengungkapkan perasaan positif tentang proses pinjaman Web3 ini, mengatakan bahwa kisah tersebut menarik minat ayah mereka, yang menyebutnya “menarik”.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: