Bukan Main! NFT Sandal Steve Jobs Dijual Seharga Rp3,4M!

Bukan Main! NFT Sandal Steve Jobs Dijual Seharga Rp3,4M!

Dilansir dari laman Coindesk, dunia crypto tengah dibuat heboh dengan berita penjualan sepasang sandal Birkenstocks milik mendiang Steve Jobs yang dijual dengan harga selangit! Tak hanya sepasang sandal fisiknya saja, penjualan sandal ini juga dijual dalam bentuk NFT.

Sandal peninggalan sang pendiri Apple ini berhasil terjual seharga US$218.000 atau setara dengan Rp3,4 miliar pada 13 November 2022 yang lalu! Bagaimanakah penjualan sandal dengan harga fantastis ini berlangsung? Simak informasinya berikut ini!

Sejarah Sandal Peninggalan Sang Pendiri Apple

Sejarah Sandal Peninggalan Sang Pendiri Apple
NFT News Pro

Berdasarkan informasi dari Coindesk, Steve Jobs, sang visioner dan salah satu pendiri Apple, memiliki peninggalan sebuah sandal berbahan kulit suede coklat dengan brand Birkenstocks. Selama hidupnya, Jobs dikenal sering mengenakan sandal ini dan telah menemaninya dalam berbagai momen bersejarah Apple.

Sandal ini dinilai berharga karena memiliki kedekatan yang sangat erat dengan sang pengusaha perusahaan Apple tersebut. Steve Jobs mengenakan sepasang sandal Birkenstock selama membangun Apple dari tahun 1970-an hingga 1980-an. Ketika itu, ia membangun Apple di garasi rumahnya di Los Altos bersama rekannya, Steve Wozniak. Sebelum dilelang, sandal milik Jobs tersebut disimpan oleh manajer Steve Jobs, Mark Sheff.

Bicara soal alas kaki dan NFT, dilansir dari Decrypt, Nike juga akan meluncurkan pakaian virtual seperti t-shirt dan sepatu kets dalam bentuk NFT untuk avatar yang dapat digunakan dalam game Web3.

Simak informasi selengkapnya mengenai Nike Ikut Terjun ke Bisnis Web3 di sini.

Sandal Versi Fisik dan NFT Steve Jobs Terjual Rp3,4 Miliar!

Sandal Versi Fisik dan NFT Steve Jobs Terjual Rp3,4 Miliar!
Daily Hive

Dikutip dari Coindesk, rumah lelang Julien’s Auctions mengadakan acara lelang sepasang sandal Steve Jobs ini secara online. Sepasang sandal itu kemudian berhasil terjual seharga Rp3,4M kepada pembeli yang tidak diketahui identitasnya.

Selain mendapatkan sepasang sandal fisiknya, sang pembeli juga mendapatkan sandal yang sama dalam versi NFT eksklusif yang dibuat di blockchain Polygon.

Baca Juga: Polygon Jadi ‘Raja Web3’? Bagaimana Prospek dan Prediksi Polygon 2023?

Penjualan sandal Jobs yang terhubung dengan NFT ini menambah daftar koleksi digital anumerta yang terjual dalam beberapa bulan terakhir seperti berbagai koleksi fisik dan NFT dari mendiang David Bowie, Biggie Smalls, dan aset properti milik Whitney Houston.

Dilansir dari Coindesk, syarat dan ketentuan penjualan NFT tersebut menyatakan bahwa pemilik NFT tidak memperoleh hak kepemilikan atau hak Intellectual Property (IP) NFT. Selain itu pemilik NFT tersebut juga tidak dapat mengambil untung dari penggunaannya.

Bagaimana Apple Menanggapi Teknologi NFT?

Bagaimana Apple Menanggapi Teknologi NFT?
The Guardian

Dilansir dari laman NFT Latelyl, Apple baru-baru ini mengeluarkan kebijakan mereka tentang NFT app-store digital internal mereka. Kebijakan tersebut menyebutkan bahwa siapapun yang ingin memiliki NFT di aplikasi mereka harus melakukan pembelian dalam aplikasi Apple untuk menjual NFT dan menjual layanan yang terkait dengannya (termasuk minting, listing, and transferring).

Apple telah memperbarui App Store Review Guidelines dengan lebih banyak aturan untuk aset crypto dan non-fungible token (NFT). Lalu, seperti apa aturan baru App Store untuk cryptocurrency dan NFT yang diterapkan oleh Apple? Simak beriata selengkapnya tentang Apple Perbarui Aturan App Store untuk Cryptocurrency dan NFT di sini.

Apple saat ini memungkinkan aplikasinya untuk menelusuri koleksi NFT setelah sebelumnya tidak mendukung fitur tombol atau tautan eksternal yang mengarahkan pelanggan untuk membeli NFT di luar pembelian dalam aplikasi. Selain itu, Apple juga mengambil potongan sebesar 30% dari setiap pembelian dalam aplikasi termasuk pembelian berbasis NFT.

Referensi: