Reddit Luncurkan Collectible Avatars Gen 3 dan Kapitasilasi Pasarnya Sentuh Rp11 Miliar

author:

Reddit Luncurkan Collectible Avatars Gen 3 dan Kapitasilasi Pasarnya Sentuh Rp11 Miliar

Setelah sukses meluncurkan koleksi avatar pada akhir tahun 2022, kini Reddit dikabarkan kembali merilis sesi ketiga dari ‘Collectible Avatars’ dalam dimensi berbeda.

Penasaran seperti apa? Simak di bawah ini!

Reddit Luncurkan Collectible Avatars Gen 3

collectible avatars reddit gen3
Sumber: Twitter

Pada 11 April 2023 lalu, melalui cuitan akun Twitternya, Reddit, sebuah platform agregasi berita sosial, pemeringkatan konten, dan diskusi asal Amerika Serikat, mengumumkan telah meluncurkan koleksi NFT yang disebut Collectible Avatars generasi ketiga (Gen 3).

Berdasarkan informasi yang dibagikan, kali ini Reddit memperluas jumlah kolaborator artistiknya, seraya mengubah fokusnya ke tema realitas masa depan.

Dilansir dari Decrypt (12/4/23), koleksi dari Reddit sebelumnya dirilis di jaringan penskalaan Ethereum, Polygon, pada Juni 2022, yang menggambarkan maskot alien platform Snoo dalam berbagai gaya dan tema. Selama beberapa bulan berikutnya, Reddit merilis avatar bertema Halloween dan tie-in Super Bowl, dan membawa kehebohan yang signifikan dan menarik lebih dari 7,3 juta dompet unik hingga saat ini.

Baca juga: NFT Marketplace Looksrare Luncurkan V2, Apa Saja Fitur Barunya?

Reddit Gandeng Lebih dari 100 Seniman

Sumber: Twitter Redit

Jika pada Gen 2 Reddit memulai kolaborasinya dengan 32 seniman, di peluncuran Gen 3 yang terbaru ini, Reddit menggandeng lebih dari 100 seniman dengan tujuan untuk menarik lebih banyak kolektor.

Menjelang peluncuruannya, tim dari Decrypt sempat bebincang dengan beberapa seniman dari koleksi NFT Gen 3 Reddit, salah satunya adalah Alicia Freeman, seorang seniman visual dan penulis buku anak-anak yang berbasis di Australia, mengatakan bahwa Reddit mendekatinya untuk berpartisipasi dalam koleksi tahun lalu. Dihubungi melalui DM, ia tidak menyangka bahwa pada akhirnya kolaborasi ini dapat terlaksana.

Alicia mengungkapkan perasaanya, “Saya bahkan tidak menyadari bahwa saya akan dibayar untuk pekerjaan ini. Saya jelas sangat terkejut melihat betapa besarnya proyek ini.”

Mengutip dari Decrypt, gaya Freeman dikatakan berkaitan erat makhluk mitos dan fantasi. Dengan tema Gen 3 yang mengangkat realitas masa depan dan harapan bahwa rekan-rekan senimannya akan condong ke arah estetika fiksi ilmiah dan robotik, ia memutuskan untuk membuat tiga avatar organik secara visual.

Lebih lanjut, Freeman membeberkan bahwa para seniman diberikan lisensi kreatif penuh dari Reddit untuk mengejar ambisi kreatif mereka, selama karya seni mereka sesuai dengan kerangka template karakter Snoo.

Kapitalisasi Pasar NFT Reddit Sentuh Rp11 Triliun

Menurut Bein Crypto (7/4/23), Reddit telah merangkul tren NFT dengan mendirikan pasar dan meluncurkan koleksi Reddit Avatars pada Juli 2022, yang dengan cepat mendapatkan popularitas. Di pasar Reddit, 40,000 NFT batch pertama tercatat ludes dan bahkan kehabisan stok.

NFT Price Floor melaporkan bahwa 60 proyek NFT Reddit mencapai volume perdagangan agregat volume sebesar 1,820 ETH ($51563584) atau Rp763 miliar selama 90 hari terakhir.

Dengan kapitalisasi pasar gabungan sebesar 25,438 ETH, koleksi Reddit NFT sekarang berada di peringkat # 13 pada peringkat merek platform.

Sumber: Dune

Sementara itu, menurut data blockchain publik yang dikuratori oleh Dune, hingga saat ini, lebih dari 10.6 juta avatar Reddit telah dicetak dengan total nilai kapitalisasi pasar sebesar $74,5 juta atau Rp11 triliun.

Bukan hanya Reddit, baru-baru ini, brand yang berfokus pada pakaian khusus olahraga, Adidas, juga telah meluncurkan koleksi NFT di fase akhir proyek Into The Metaverse (ITM) yang dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

Mau tau lebih lanjut? Baca selengkapnya di Adidas Luncurkan NFT ALTS dengan Harga Minimum Rp11 Juta!


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: