Mulai Fokus ke Web3, Institut Nasional Rumania Luncurkan NFT Marketplace!

Mulai Fokus ke Web3, Institut Nasional Rumania Luncurkan NFT Marketplace!

Institut Nasional Rumania untuk Penelitian dan Pengembangan Informatika (ICI Bucharest) bertujuan untuk mendorong adopsi Web3 di negara tersebut dengan meluncurkan platform perdagangan NFT internal.

Rumania terletak di Eropa Tenggara dan merupakan bagian dari benua Eropa.

Platform NFT institusional, yang dijuluki ICI D|Services, akan ditayangkan pada 26 April 2023 dan bertujuan untuk menciptakan hubungan antara institusi dan pengguna sektor swasta dan publik.

Platform ini pada dasarnya adalah NFT marketplace, yang memungkinkan pengguna publik dan institusional untuk mencetak, mengelola, dan memperdagangkan NFT. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ICI Bucharest Mulai Berfokus Pada Blockchain, Web3,dan NFT

ici bucharest web3
Sumber: Inquam Photos

Beberapa waktu lalu, pihak Cointelegraph berbincang dengan koordinator laboratorium blockchain ICI Bucharest, Paul Niculescu-Mizil Gheorghe, untuk membongkar dorongan di balik upaya negara tersebut untuk mengadopsi teknologi yang didukung Web3.

ICI Bucharest berfokus pada penelitian dan pengembangan selama 5 tahun terakhir, namun mengalihkan perhatiannya untuk mengeksplorasi blockchain, Web3, dan NFT karena industri tersebut mendapatkan daya tarik di seluruh dunia.

Gheorghe mengatakan bahwa NFT telah mendapatkan popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir karena kemampuannya menciptakan aset digital yang unik dan langka yang dapat diterapkan di berbagai kasus penggunaan.

Hal ini menjadikannya aset berharga bagi institusi, yang mengarah pada proposal platform NFT di ICI Bucharest pada akhir 2021.

Institusi ini mulai mengembangkan dan mengimplementasikan arsitektur sistem pasar dalam kemitraan dengan MultiversX pada pertengahan tahun 2022, yang merupakan proyek strategis pertama yang menggunakan penyedia infrastruktur blockchain.

Baca Juga: Meriahkan Fotografi di Web3, Canon Luncurkan Marketplace NFT Foto ‘Cadabra’

Proyek ICI Bucharest Didukung oleh Pemerintah Rumania

proyek ici bucharest
Sumber: Freepik Premium License

Kemitraan ini juga mencakup pengembangan Domain Name System (DNS) yang terdesentralisasi dan ekosistem top-level domain (TLD), seperti yang dijelaskan oleh CEO MultiversX, Beniamin Mincu, dalam korespondensi dengan Cointelegraph.

Gheorghe, yang memiliki gelar PhD di bidang teknologi blockchain dan teknik industri, mengatakan bahwa proyek ini telah didukung oleh pemerintah Rumania melalui sekretariat jenderal serta Kementerian Riset, Inovasi, dan Digitalisasi Rumania.

“Lembaga kami ingin menciptakan jembatan antara generasi muda dan nilai-nilai institusi publik, memulai zona nyaman untuk interaksi dengan industri digital,” ujar Gheorghe, dikutip dari Cointelegraph, Rabu (26/4/2023).

Peluncuran platform ini akan menampilkan 5 koleksi NFT unik yang dikembangkan bekerja sama dengan beberapa pihak olahragawan, organisasi, dan institusi terkemuka Rumania.

Pihak tersebut termasuk Komite Olimpiade dan Olahraga Rumania, pemegang rekor dunia renang gaya bebas 100 meter berusia 18 tahun David Popovici, kantor berita Rumania Agerpres, organisasi filateli nasional Romfilatelia, dan Perpustakaan Universitas Pusat Bukares.

Referensi: