Wow, NFT Akan Mengubah Masa Depan Industri Game dan Esports!

Wow, NFT Akan Mengubah Masa Depan Industri Game dan Esports!

Esports saat ini merupakan fenomena global yang sedang berkembang, dan dengan cepat menjadi salah satu industri terbesar di dunia. Selain itu, dalam dunia Esports penggunaan token non-fungible (NFT), yang merupakan aset digital berbasis blockchain, semakin meroket. Token ini dapat dibuat menggunakan algoritma tertentu dan dapat diperdagangkan di NFT marketplace.

Bagaimana NFT Mempengaruhi Esports?

Dilansir dari NFT News Today, sudah ada beberapa tim olahraga, dan para penggemarnya yang telah menggunakan NFT, termasuk Formula 1 racing, UFC, hingga olahraga bola basket. Para fans dan tim Esports juga telah menerima dan memanfaatkan NFT di industri Esports.

Salah satu proyek yang dimulai pada tahun 2021, adalah partnership antara Yieldy dan 2 organisasi terbesar dalam Esports, yakni BOOM dan Fact Revolution. Proyek ini memperkenalkan legion penggemar mereka ke NFT di Algorand.

Mengapa NFT Mendapatkan Popularitas Di Esports?

contoh nft esports di dunia game
freepik.com

NFT menjadi semakin populer di kalangan Esports, sebagai cara baru yang memungkinkan pemain menjual aset digital mereka atau menukarnya dengan NFT lain. Misalnya, seorang pemain dapat membeli NFT yang mewakili karakter tertentu dalam game seperti Overwatch atau League of Legends dan kemudian menjualnya di situs lelang seperti OPSkins.

Hal ini menyebabkan beberapa perubahan dalam cara kerja Esports, antara lain adalah pemain dapat menghasilkan uang dari aset digital mereka, pemain dapat menjual karakternya kapan saja tanpa harus bernegosiasi dengan penerbit terlebih dahulu, penerbit dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan menjual karakter sebagai NFT daripada menjualnya secara langsung melalui platform penjualan seperti Steam atau Google Play.

Baca Juga: Formula 1 Ungkap Rencana Besar Adopsi Metaverse, NFT, dan Crypto!

Bagaimana NFT Bisa Mengubah Esports?

adopsi nft di berbagai bidang kehidupan
freepik.com

Dikutip dari NFT News Today, NFT bisa mengubah Esports secara global dengan dua cara utama. Pertama, NFT mempermudah gamer untuk mendapatkan bayaran, karena memudahkan penggemar untuk mendukung mereka secara finansial. Kedua, NFT memungkinkan developer game untuk memonetisasi pekerjaan mereka dengan cara baru, yakni dengan memberikan kesempatan kepada penggemar untuk memiliki bagian dari game itu sendiri.

NFT mengubah cara orang berinteraksi satu sama lain dalam Esports. Penggemar kini dapat mengambil alih kepemilikan aset digital yang dapat mereka gunakan untuk terhubung dengan pemain, tim, dan liga favorit mereka. Pemain juga dapat membuat NFT yang mewakili diri mereka sendiri atau tim mereka.

Baca Juga: Jepang Fokuskan Investasi ke Metaverse dan NFT

Mereka dapat menjual aset ini di secondary market untuk mendapatkan uang atau menukarnya dengan NFT lain dari pemain atau tim lain. NFT juga mengubah cara orang berinteraksi dengan game itu sendiri. NFT juga memungkinkan developer untuk membuat aset digital yang mewakili barang-barang dunia nyata seperti kaos atau sepatu kets dari merek seperti Nike atau Adidas.

NFT juga memungkinkan konten kreator untuk mengintegrasikan produk dunia nyata ke dalam video game tanpa mengkhawatirkan masalah hukum seputar pelanggaran hak cipta atau biaya lisensi yang terkait dengan penggunaan kekayaan intelektual orang lain.

Dikutip dari NFT News Today, salah satu contoh terbaik NFT Esports adalah Fortnite, di mana pemain dapat membeli skin yang mengubah penampilan karakter mereka. Tampilan ini memiliki kelangkaan yang berbeda, sehingga beberapa akan lebih mahal daripada yang lain.

Referensi: