NFT Populer Ethereum Ini Rencanakan Migrasi ke Blockchain Lain. Kenapa?

author:

NFT Populer Ethereum Ini Rencanakan Migrasi ke Blockchain Lain. Kenapa?

Dilansir oleh Decrypt (25/1/23), salah satu proyek NFT Ethereum yang paling sukses telah memilih rumah baru untuk merilis seri lanjutannya. Baca selengkapnya di bawah ini.

Doodle Perkenalkan Koleksi NFT Doodle 2

Menurut laporan BeinCrypto (25/1/23), gambar profil animasi dari koleksi NFT Dooplicator, Doodles 2, akan diluncurkan di blockchain Flow milik Dapper Labs pada akhir Januari 2023. Setelah airdrop Dooplicator dan lelang Genesis Box pada tahun 2022, perusahaan ini berencana untuk meluncurkan versi Beta dari alat kreasi Doodles 2 akhir tahun ini.

Perlu diketahui bahwa Doodles adalah salah satu proyek NFT Ethereum yang paling menonjol, dengan gambar profil penuh warna (PFP) yang menarik di media sosial. Hingga kini, volume perdagangan Doodle lebih dari $550 juta, dengan musisi terkenal Amerika Serikat, Pharrell Williams sebagai chief brand officer. Jika sebelumnya ada di jaringan Ethereum, proyek Doodle 2 melakukan lompatan besar dengan bermigrasi ke blockchain Flow.

Doodle 2 Siap Diluncurkan di Blockchain Flow

Informasi NFT Doodle 2
Sumber: Twitter

Pada hari Rabu (25/1/23), melalui akun Twitter-nya, Doodles mengumumkan bahwa proyek Doodles 2, yang memiliki skala lebih besar siap diluncurkan di Flow, platform Web3 yang terkenal dengan proyek-proyek NFT olahraga seperti NBA Top Shot dan NFL All Day.

Doodles 2 pertama kali diumumkan pada Juni 2022 lalu di acara NFT NYC. Koleksi NFT Doodle 2 tetap mempertahankan gaya pastel dan kartun dari seri asli dan artis Scott “Burnt Toast” Martin.

Doodle 2 akan memungkinkan para pemegang NFT menyesuaikan karakter mereka tanpa batasan untuk digunakan dalam game, media sosial, ataupun di platform lain. Pemilik NFT Doodles 2 juga dapat mempersonalisasi tampilan avatar mereka, termasuk menyesuaikan tubuh, pakaian, ekspresi, dan aksesorinya.

Tak hanya itu, Doodles akan merilis item yang dapat digunakan secara digital untuk avatar NFT “melalui drop IRL edisi terbatas yang terikat dengan acara tertentu dan beberapa kolaborasi brand,” kata tim Doodle dalam siaran pers.

Bukan satu-satunya proyek NFT yang bermigrasi, awal tahun 2023, NFT populer di jaringan Solana deGods dan y00ts juga melakukan migrasi ke jaringan Ethereum dan Polygon. Simak berita selengkapnya di Polygon Berani Bayar Rp46 Miliar Buat Rayu NFT Ini Pindah ke Jaringannya.

Alasan Migrasinya Koleksi NFT Doodle 2

Alasan NFT Doodle Pindah
Sumber: Twitter

Dibagikan langsung oleh akun Twitter Poopie, salah satu founder Doodle, alasan mereka bermigrasi adalah untuk memungkinkan penggemar untuk menyesuaikan Doodle mereka tanpa batasan.

Di NFT NYC, tim Doodle mengatakan bahwa koleksi NFT Doodles 2 akan diluncurkan pada platform blockchain yang berbeda dari Ethereum karena elemen kustomisasi. Menurut tim, transaksi mainnet Ethereum cenderung membawa biaya gas jaringan yang lebih mahal. Mendengar berita ini, beberapa orang di dunia NFT berspekulasi bahwa platform yang akan digunakan adalah Solana, atau mungkin Polygon. Namun ternyata, Doodle memilih Flow sebagai blockchain barunya.

Disebutkan dalam laporan Decrypt, Doodles menjadi proyek NFT profil tinggi pertama yang beralih dari Ethereum ke Flow. Akibatnya, Doodle mengalami penurunan aktivitas NFT dalam beberapa bulan terakhir karena harga tokennya turun tajam.

Terlepas dari penurunan aktivitas NFT-nya, dalam pengumumannya pada hari Rabu (25/1/23), Doodles mengatakan bahwa peluncurannya di Flow akan “menandai dimulainya masa depan interoperabilitas silang yang kuat dengan Ethereum.” Peluncuran NFT Doodles 2 akan dikaitkan dengan NFT Dooplicator yang ada di Ethereum.

Baca juga: NFT Makin Bullish! Penjualan NFT Melonjak Hingga 52% Setelah Tahun Baru!

Flow Bantu Ciptakan Jembatan Khusus

Doodle Rilis NFT di Flow
Sumber: TechFi

Mengutip dari Decrypt, perwakilan Doodles mengatakan bahwa pengembang blockchain Flow membantu menciptakan aplikasi khusus menjembatani proyek yang memungkinkan pemegang NFT menggunakan karakter Doodles mereka di seluruh rantai. Jika seorang kolektor menghubungkan dompet Ethereum yang menyimpan Doodles NFT dan Dooplicator NFT, maka mereka dapat menggunakan Dooplicator untuk membuat penyesuaian yang dapat digunakan di Flow.

Aplikasi jembatan ini kemudian akan meminta pengguna menghubungkan dompet Dapper di Flow untuk menerima perangkat yang dapat digunakan. Kabar baiknya, untuk pemegang Doodles NFT yang sudah ada, peluncuran Doodles 2 akan dimulai pada 31 Januari 2023, dengan detail tambahan.

Pada bulan September 2022, Doodles bernilai $704 juta ketika mengumumkan penggalangan dana sebesar $54 juta, yang dipimpin oleh perusahaan Seven Seven Six milik salah satu pendiri Reddit, Alexis Ohanian, dengan partisipasi dari 10T Holdings, Acrew Capital, dan FTX Ventures yang kini telah ditutup.


Referensi: