NFT CryptoPunk Senilai Rp1,4 Miliar Dibakar dan Dihidupkan Kembali sebagai Inscription Ordinals!

author:

NFT CryptoPunk Senilai Rp1,4 Miliar Dibakar dan Dihidupkan Kembali sebagai Inscription Ordinals!

Sebuah NFT Ethereum yang berharga dari salah satu koleksi PFP (Profile Picture) Web3 terkemuka, CryptoPunks, telah dihapus secara permanen dari sirkulasi dan secara simbolis dihubungkan dengan inskripsi Ordinals di jaringan Bitcoin.

Pembakaran CryptoPunk #8611, yang dijual sekitar 55 Ethereum atau $95,000 atau setara dengan Rp1,4 miliar menarik perhatian sebagai upaya yang mahal dan mencolok oleh sekelompok penggemar Bitcoin.

CryptoPunk #8611 Dibakar dan Dihidupkan Kembali

Keputusan untuk membakar CryptoPunk #8611 adalah upaya yang dipimpin oleh komunitas dan difasilitasi oleh Nathan Stein, pengembang dari Wolf Capital, yang mengumumkan inisiatif ini di Twitter pada 16 Juni 2023 lalu.

cryptopunk dibakar dan dijadikan ordinals
Twitter

Pemegang Bitcoin Bandits, koleksi inskripsi Ordinals bertema Barat, juga berperan dalam upaya ini. Sekitar 150 orang berkontribusi dalam upaya ini, menunjukkan dukungan kuat dalam komunitas.

CryptoPunk #8611, yang bernilai sekitar $95,000 (Rp1,4 miliar), dibakar di Ethereum dan secara simbolis dihubungkan dengan inskripsi Ordinals di Bitcoin. Proses ini dikenal sebagai teleburning, di mana pemegang aset secara simbolis memindahkan Punk dari Bitcoin ke Ethereum. CryptoPunk #8611 dibeli seharga 54.4 ETH, atau sekitar $95k, menurut data Etherscan. Kemudian aset tersebut dikirim ke alamat pembakaran Null: 0x00…

Baca juga: Atomic Ordinals, NFT Paling Fenomenal yang Mengguncang Dunia Cryto Bulan Ini!

Setelah pembakaran, Bitcoin Bandits menghidupkan kembali NFT tersebut sebagai Inscription Ordinals. Inscription Ordinals memungkinkan pembuatan aset mirip NFT di jaringan Bitcoin dengan menginskripsi data ke satoshi individu, unit terkecil Bitcoin. Dengan konsep Bitcoin Ordinals yang baru-baru ini mendapatkan perhatian, siapa pun dapat mengikat aset mereka ke BTC.

Proses Teleburning dan Inscription Ordinals

cryptopunk dibakar dan dijadikan ordinals
Yahoo Finance

Mengutip laporan NFT Evening, teleburning adalah proses di mana aset dibakar di satu blockchain dan dibuat ulang di blockchain lain. Dalam kasus CryptoPunk #8611, aset tersebut dibakar di Ethereum dan dihidupkan kembali sebagai inskripsi Ordinals di Bitcoin. Proses ini melibatkan pembuatan transaksi Bitcoin yang menyimpan informasi tambahan, yang disebut “Inscription,” dalam satu satoshi, unit terkecil Bitcoin.

Inscription Ordinals, mirip dengan NFT, adalah aset digital yang diinskripsi pada satoshi. Dengan konsep Bitcoin Ordinals yang baru-baru ini mendapatkan perhatian, siapa pun dapat mengikat aset mereka ke BTC. Tujuan akhir dari pembakaran dan proses inskripsi ini adalah untuk menciptakan serangkaian inskripsi Ordinals yang mewakili kepemilikan fraksional dalam CryptoPunk #8611 asli.

Meskipun aset tersebut telah dibakar dan tidak lagi dapat dimiliki oleh siapa pun di rantai Ethereum aslinya, inskripsi Ordinals ini memungkinkan pemegang aset untuk mempertahankan semacam klaim simbolis atas aset tersebut. Ini menunjukkan bagaimana NFT dapat berpindah antara berbagai blockchain dan bagaimana nilai dan kepemilikan aset digital dapat didefinisikan dan dipahami dalam cara yang baru dan inovatif.

Tren Baru dalam Ruang NFT

Pembakaran CryptoPunk #8611 menggema peristiwa serupa yang terjadi sebelumnya tahun ini ketika NFT mahal dari koleksi Bored Ape Yacht Club dibakar, menandakan transisi simbolis dari Ethereum ke Bitcoin.

Namun, pembakaran CryptoPunk #8611 memiliki tujuan yang berbeda. Tujuan akhir adalah menciptakan serangkaian inskripsi Ordinals yang sesuai dengan sebagian kepemilikan dalam CryptoPunk #8611 asli, meskipun aset dasar itu sendiri tidak lagi dapat dimiliki oleh siapa pun di rantai Ethereum aslinya.

Baca juga: Jumlah TVL Ethereum zkSync Era Melampaui Rp7,5 Triliun!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: