Gokil! NFT ‘Blue Chip’ Dorong Pasar Pinjaman Melebihi Rp6,3 Triliun

author:

Gokil! NFT ‘Blue Chip’ Dorong Pasar Pinjaman Melebihi Rp6,3 Triliun

Menurut laporan Paraspace, protokol pasar uang non-fungible token, dan BitKeep, dompet multichain, pasar pinjaman dan peminjaman non-fungible token (NFT), yang dikenal sebagai pinjaman NFTFi, telah melampaui $430 juta atau setara dengan Rp6,3 triliun di seluruh 43,521 peminjam.

Mayoritas jaminan dalam pinjaman ini terdiri dari koleksi NFT paling populer, termasuk Wrapped CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, dan Mutant Ape Yacht Club. Simak lebih lanjut, yuk!

Pasar Pinjaman NFT Meningkat Pesat

Pasar pinjaman dan peminjaman non-fungible token (NFT), juga dikenal sebagai pinjaman NFTFi, telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Menurut laporan yang diterbitkan oleh Paraspace dan BitKeep, volume pinjaman NFT telah melampaui $430 juta atau Rp6,3 triliun, dengan lebih dari 43,521 peminjam yang terlibat.

Lebih lanjut, koleksi NFT yang paling populer, seperti Wrapped CryptoPunks, Bored Ape Yacht Club, dan Mutant Ape Yacht Club, merupakan sebagian besar jaminan dalam pinjaman ini. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pengguna yang melihat nilai dalam NFT dan menggunakan mereka sebagai jaminan untuk pinjaman.

Tidak hanya itu, hal ini mencerminkan kepercayaan yang meningkat pada NFT sebagai aset yang berharga dan liquid, serta pengakuan atas potensi mereka untuk menciptakan peluang baru dalam ekonomi digital. Namun, pertumbuhan ini juga menimbulkan tantangan.

Misalnya, penelitian yang dilakukan oleh Paraspace dan BitKeep menunjukkan bahwa pinjaman yang belum dibayar di pasar NFTFi meningkat sebesar $25 juta atau Rp371 miliar di antara Januari dan Maret 2023.

Baca juga: Menguasai Pasar, Volume Perdagangan DEX Tertinggi Mencapai 22% di Mei 2023

Menurut laporan, peluncuran Blur, protokol pinjaman tertagih digital oleh pasar NFT Blur, juga berkontribusi pada pertumbuhan ini, dengan lebih dari $16 juta pinjaman yang dikeluarkan dalam waktu satu hari setelah peluncurannya, yang dipimpin oleh selebriti Taiwan, Machi Big Brother.

Meski begitu, pengenalan Bitcoin Ordinals memainkan peran penting dalam meningkatkan total volume transaksi pasar NFT menjadi $1,5 miliar pada bulan Maret, yang kemudian turun menjadi $ 330 juta pada bulan Mei 2023. Menurut para peneliti, terlepas dari pertumbuhan ini, masalah likuiditas tetap menjadi masalah umum di sektor ini.

Tantangan Likuiditas dan Keberhasilan di Ruang Pinjaman NFT

Selanjutnya, salah satu tantangan utama dalam perdagangan NFT adalah kurangnya likuiditas. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk jumlah pengguna yang terbatas, kesulitan dalam menentukan harga, dan harga NFT yang tinggi.

Peneliti dari Paraspace dan BitKeep menyoroti dua skenario ekstrem dalam laporan mereka, yaitu10 NFT teratas mempertahankan tingkat likuiditas tertentu dengan fluktuasi minimal antara proyek, sementara NFT lainnya dijual dengan harga diskon.

Untuk mengatasi tantangan ini, Paraspace telah menerapkan strategi yang sukses. Sejak dimulainya protokol tahun lalu, hanya ada 16 likuidasi NFT dan tidak ada hutang macet. Ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, tantangan likuiditas dapat diatasi, dan pasar pinjaman NFT dapat berkembang dan berkembang.

Masa Depan Pasar NFT dan Mengatasi Tantangan

nft marketplace tabi dan bnb chain
Sumber: Outlook India

Meskipun pasar NFT telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, pengembang di Paraspace dan BitKeep memperingatkan bahwa pasar membutuhkan data historis dan metode analisis penilaian yang diakui secara universal, yang mengakibatkan kesulitan dalam penentuan harga.

Baca juga: Dibandrol Rp400 Ribu, Warner Bros Luncurkan Film “Superman: The Movie” Sebagai NFT

Persepsi yang berbeda tentang keunikan berdasarkan pandangan subjektif telah menghasilkan variasi harga yang signifikan bahkan dalam seri NFT yang sama. Pengembang percaya bahwa NFT berkualitas tinggi dengan konsensus komunitas yang kuat, latar belakang tim yang terkenal, dan gaya artistik yang khas akan terus berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: