Berkolaborasi Dengan Polygon, Nexon Meluncurkan Game NFT Baru “MapleStory Universe”

author:

Berkolaborasi Dengan Polygon, Nexon Meluncurkan Game NFT Baru “MapleStory Universe”

Sehabis mengumumkan aliansi dengan Immutable untuk memperluas ekosistem game Web3, kini Polygon dikabarkan melakukan kolaborasi dengan Nexon, salah satu penerbit game terbesar di Korea Selatan, untuk meluncurkan NFT game baru, bernama “MapleStory Universe”.

Lalu, bagaimana cara kerja NFT game MapleStory Universe? Simak selengkapnya di bawah ini!

MapleStory Universe Gandeng Polygon

Sumber: Twitter

Dalam cuitan Twitter yang dibagikan oleh akun MaplestoryU pada 22 Maret 2023, mereka mengumumkan kerja sama barunya untuk memperluas ekosistem MapleStory Universe melalui Polygon.

Dilansir dari Geek Metaverse (22/3/23), MapleStory Universe adalah game NFT baru yang diluncurkan oleh Nexon, yang berkolaborasi dengan Polygon. Game ini memungkinkan para pemain dan kreator untuk mengembangkan dan mengelola NFT di dunia virtual, memberi mereka kepemilikan digital atas item dalam permainan.

Lebih lanjut, MapleStory Universe merupakan tambahan terbaru dalam franchise, yang awalnya dimulai dengan game roleplaying online multi-player, MapleStory, yang telah memiliki lebih dari 180 juta pemain terdaftar.

Sementara itu, Decrypt (22/3/23) melaporkan bahwa MapleStory telah diluncurkan pada tahun 2003 dan menjadi kisah sukses yang berlangsung lama bagi Nexon. Menurut catatan, hingga saat ini, game MapleStory telah menghasilkan pendapatan lebih dari $4 miliar.

Pemimpin Grup MapleStory Universe, Hwang Sun-young, mengatakan,

“Kami sangat menantikan untuk memperluas ekosistem NFT yang dibayangkan oleh MapleStory Universe dengan membangun Polygon. Kami akan bekerja sama dengan tim di Polygon Labs untuk mengembangkan dan memasarkan game ini.”

Baca juga: Sony Rilis Paten NFT, Pemain Bisa Jual Beli Aset Digital di Dalam Game PlayStation?

NFT Dalam Game MapleStory

NFT Dalam Game MapleStory
Sumber: Stacked Homes

Berbeda dengan video game pada umumnya, di mana pemain dapat membeli senjata dan skin, dalam game MapleStory, pemain dapat memperoleh aset dalam game melalui gameplay yang menyelesaikan misi dan mengalahkan monster.

NFT dalam game ini akan memiliki utilitas yang berwujud dan tidak berwujud. Dalam membuat permainan ini, perusahaan terkait bertujuan untuk menghilangkan mitos bahwa game NFT tidak menyenangkan dengan membangun game blockchain barunya di atas waralaba yang sudah menyenangkan dan sukses.

Mengutip dari Decrypt, MapleStory Universe adalah game yang berpusat pada NFT, yang berarti bahwa aset yang ditokenisasi akan memainkan peran utama dalam game ini sehingga NFT dapat diperdagangkan atau ditransfer melalui pasar game.

Selain itu, melalui email, Nexon mengatakan kepada Decrypt bahwa MapleStory Universe kedepannya juga akan memiliki token crypto sendiri, meskipun detailnya belum selesai.

Peran Polygon Dalam MapleStory Universe

Polygon MATIC 2023 akan berfokus pada NFT
Sumber: Freepik Premium License

Secara singkat, Polygon adalah jaringan penskalaan Ethereum yang memungkinkan transaksi lebih cepat dan lebih murah daripada mainnet Ethereum sendiri.

Menurut laporan Decrypt, Polygon Supernet dari game PC yang segera datang akan memungkinkan Nexon untuk memiliki “rantai aplikasi khusus,” ucap Wakil Presiden Polygon Labs, Pengembangan Bisnis Game dan Platform, Global Urvit Goel.

Sama seperti yang dilakukan Polygon untuk Immutable yang berencana menciptakan ekosistem game Web3 baru, yang disebut Immutable zkEVM, platform game baru ini juga menggunakan rollup zero-knowledge untuk memberikan skalabilitas tanpa batas dengan tetap mempertahankan protokol keamanan yang disediakan oleh jaringan Ethereum.

Selain telah bekerja sama dengan Immutable dan Nexon, Polygon juga telah berkolaborasi dengan Square Enix, penerbit video game Jepang dibalik game populer seperti Final Fantasy, Dragon Quest, dan Kingdom Hearts, untuk meluncurkan game bernama “Symbiogensis”.

Penasaran dengan kolaborasi keduanya? Simak selengkapnya di Square Enix Rangkul Polygon Untuk Rilis NFT Berbasis Game Pertamanya.


Referensi: