BRICS Bersiap Luncurkan Obligasi Rupee India Pertama: Langkah Menuju De-Dolarisasi?

BRICS Bersiap Luncurkan Obligasi Rupee India Pertama: Langkah Menuju De-Dolarisasi?

New Development Bank yang didirikan oleh negara-negara BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, dan Afrika Selatan) sedang dalam tahap perencanaan untuk menerbitkan obligasi Rupee India pertamanya pada Oktober 2023. Inisiatif ini datang sebagai respons terhadap tekanan untuk meningkatkan peminjaman dalam mata uang lokal. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Obligasi Rupee India?

digital rupee
Sumber: Passionate in Marketing

New Development Bank BRICS, juga dikenal sebagai NDB, baru saja menerbitkan obligasi rand pertamanya di Afrika Selatan minggu lalu.

Vladimir Kazbekov, Wakil Presiden dan Chief Operating Officer NDB, mengatakan bahwa bank ini sedang mempertimbangkan penerbitan mata uang lokal di negara-negara anggota lainnya seperti Brasil, Rusia, dan Uni Emirat Arab.

Tujuan utama dari langkah ini adalah untuk meningkatkan kehadiran NDB di pasar modal lokal negara-negara anggotanya dan mendanai portofolio pinjaman mata uang lokal yang kuat.

Baca Juga: Bangladesh Berpotensi Gabung BRICS, Rumor Permintaan Resmi Menggema, Apa Dampaknya Bagi Crypto?

BRICS Menuju De-Dolarisasi

Dengan menerbitkan obligasi dalam mata uang lokal, NDB berupaya mendekatkan diri ke arah de-dolarisasi, sebuah strategi untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS.

Misalnya, proyek di Afrika Selatan mungkin dibiayai dalam CNY (yuan Cina) dan bukan dalam USD (dolar AS).

Langkah ini juga sejalan dengan inisiatif India yang baru-baru ini menyelesaikan transaksi minyak mentah pertamanya dengan Uni Emirat Arab dalam Rupee, mengesampingkan dolar AS.

Baca Juga: Ethiopia Susul Mesir dan Aljazair Ajukan Permohonan Keanggotaan BRICS

Komitmen NDB untuk Pembangunan Berkelanjutan

ndb dan brics
Sumber: Vajiram & Ravi

NDB didirikan pada tahun 2015 oleh negara-negara BRICS dengan tujuan untuk memobilisasi sumber daya untuk proyek infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan di pasar berkembang dan negara-negara berkembang.

Bank ini juga berkomitmen untuk menyediakan pembiayaan sebesar $3 miliar untuk “Transisi Adil” Afrika Selatan dari tenaga listrik batu bara ke energi terbarukan.

Meskipun komitmen ini masih ada, NDB sedang mencari proyek yang sesuai untuk mendanai inisiatif ini.

Dengan rencana penerbitan obligasi Rupee India, BRICS menunjukkan komitmennya untuk mendukung mata uang lokal dan mendorong de-dolarisasi. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pada mata uang lokal dan memperkuat aliansi antara negara-negara BRICS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: