Neutron Menjadi Jaringan Cosmos Pertama yang Luncurkan Replicated Security

author:

Neutron Menjadi Jaringan Cosmos Pertama yang Luncurkan Replicated Security

Neutron, jaringan blockchain yang dirancang untuk membawa smart contract ke jaringan Cosmos dengan menggunakan CosmWasm (Cosmos WebAssembly), telah mendapatkan persetujuan dari Cosmos Hub, penyedia layanan antar-rantai untuk Cosmos, untuk meluncurkan Replicated Security (RS).

Peluncuran Neutron dengan Replicated Security

Setelah melalui beberapa audit, mengimplementasikan modul inti, dan berhasil diterapkan di testnet, Cosmos Hub menginisiasi pemungutan suara on-chain untuk menentukan apakah Neutron siap meluncurkan RS.

replicated security cosmos
Twitter

Seperti yang telah diperkenalkan melalui cuitan Cosmos Hub, Replicated Security (RS), sebelumnya dikenal sebagai keamanan antar-rantai, adalah model keamanan bersama yang dirancang oleh Cosmos Hub yang menawarkan keamanan tingkat lanjut bagi proyek yang diluncurkan sebagai rantai konsumen di Hub.

Lebih lanjut, rantai konsumen dapat memanfaatkan jaringan validator Cosmos Hub dan meningkatkan keamanan mereka sendiri melalui pembagian pendapatan.

Baca juga: Prediksi Harga Cosmos (ATOM) 2023, 2025, 2030: Siap Meroket Hingga 1787%?

Proposal 792 dan Dampaknya bagi Neutron

Proposal 792 yang telah diajukan disetujui dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 61% pada hari Jumat minggu lalu.

Menurut laporan Blockworks, Lebih dari 90% anggota komunitas memberikan suara mendukung proposal, dengan hanya 1% yang menentang dan hampir 9% memilih abstain.

Menurut Avril Dutheil, general manager Neutron, persetujuan proposal 792 akan menjadikan Neutron sebagai rantai pertama yang meluncurkan RS, menjadikannya sebagai rantai bukti taruhan top-10 berdasarkan keamanan ekonomi.

Lebih lanjut, Dutheil percaya bahwa ini akan menempatkan Neutron sebagai platform kontrak pintar netral dan sentral bagi seluruh ekosistem Cosmos.

Manfaat Neutron bagi Cosmos Hub

Ekosistem Cosmos terdiri dari jaringan rantai blok, tetapi meluncurkan rantai aplikasi secara individu seringkali cukup mahal, karena membutuhkan sumber daya yang intensif dan infrastruktur yang kompleks.

Selain itu, karena rantai aplikasi memerlukan keamanan untuk berhasil, memiliki validator yang beragam sama pentingnya, sesuatu yang mungkin sulit dicapai oleh rantai aplikasi kecil yang baru saja diluncurkan.

Neutron dirancang untuk mengatasi masalah ini dengan memungkinkan berbagai kontrak pintar untuk diterapkan di Cosmos Hub.

Peluncuran Neutron juga akan memberikan manfaat bagi Cosmos Hub, karena platform ini akan dapat membawa berbagai dApp ke Hub, menghasilkan lebih banyak pendapatan tanpa harus mencari validator tambahan.

Mengingat tantangan yang dihadapi RS seputar model ekonomi dan biaya infrastrukturnya, Dutheil percaya bahwa Neutron adalah rantai konsumen pertama yang tepat bagi Hub.

Baca juga: dYdX Bagikan Jadwal Migrasi dari Ethereum ke Cosmos, Harganya Langsung Naik?

“Dengan memberikan kemampuan kepada pengembang untuk meluncurkan aplikasi sebagai smart contract, Neutron pada dasarnya memungkinkan Replicated Security untuk berskala sejak hari pertama. Melalui Neutron, pengembang dapat menikmati manfaat Replicated Security tanpa biaya tambahan untuk Hub dan set validator-nya.”

Melalui pencapaian penting ini, Neutron dan Cosmos Hub membuka peluang bagi pertumbuhan ekosistem blockchain dan meningkatkan keamanan bagi proyek-proyek baru.


Referensi: