Neuralink Elon Musk Buka Jalan untuk Ledakan Crypto Bertenaga AI

Neuralink Elon Musk Buka Jalan untuk Ledakan Crypto Bertenaga AI

Elon Musk, pendiri Neuralink, sebuah perusahaan rintisan brain-chip terkemuka, mengumumkan keberhasilan implantasi teknologi Neuralink pada pasien manusia pertama. Pasien tersebut dilaporkan dalam kondisi baik pasca prosedur.

Musk membagikan kabar baik melalui platform media sosial X pada hari Senin, dengan menyatakan, “Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan.” Pasien manusia pertama menerima implan dari Neuralink kemarin dan dalam kondisi pemulihan yang baik.

Baca Juga: Revolusi Baru di Dunia Crypto: Ionet, Jaringan GPU yang Didukung oleh Chip Apple!

Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan. Lonjakan neuron, sebagaimana didefinisikan oleh National Institute of Health, adalah aktivitas oleh neuron. Sel-sel ini penting untuk mengirimkan informasi ke seluruh otak dan tubuh, menggunakan jaringan sinyal listrik dan kimia yang kompleks.

Neuralink menekankan bahwa implannya, yang dilengkapi dengan benang “ultra-halus”, dirancang dengan rumit untuk memfasilitasi transmisi sinyal di dalam otak peserta. Dalam pengungkapan selanjutnya di platform media sosial X, Musk mengumumkan bahwa produk perdana Neuralink akan diberi nama Telepathy.

Persaingan Melakukan Eksperimen Antarmuka Otak-Komputer yang Sukses

artificial intelligence
Sumber: MarkTechPost

Meskipun Musk mengklaim Neuralink sebagai pelopor dalam pencapaian ini, faktanya beberapa pesaing telah membuat langkah penting dalam bidang teknologi antarmuka otak-komputer, menanamkan perangkat yang mirip dengan yang dikembangkan oleh Neuralink.

Sebuah pencapaian luar biasa di bidang ini datang dari École Polytechnique Fédérale di Lausanne (EPFL), Swiss. Di sini, para peneliti telah mencapai prestasi inovatif dengan memungkinkan seorang pria lumpuh untuk berjalan hanya melalui kekuatan pikiran.

Terobosan luar biasa ini dimungkinkan dengan menanamkan perangkat elektronik di otak dan tulang belakang pasien, membangun jalur komunikasi nirkabel yang menerjemahkan pikiran menjadi gerakan untuk kaki dan kakinya. Rincian karya perintis ini didokumentasikan dengan cermat dan diterbitkan dalam jurnal Nature yang ditelaah sejawat pada bulan Mei 2023.

Sementara perkembangan ini menggarisbawahi kemajuan pesat dalam teknologi saraf, perlu dicatat bahwa klaim Elon Musk mengenai kemajuan Neuralink belum menjalani verifikasi independen. Hal ini juga menyoroti pentingnya pengawasan dan validasi dalam bidang sains mutakhir ini yang berfokus pada penerapan kecerdasan buatan di sektor lain seperti kedokteran, fintech, dll.

Penutup

Keberhasilan Neuralink dalam menanamkan teknologi brain-chip_ pada pasien manusia pertama menandai tonggak sejarah penting dalam pengembangan antarmuka otak-komputer. Meskipun ada klaim terobosan dari Elon Musk, penting untuk dicatat bahwa pesaing lain juga telah membuat kemajuan signifikan di bidang ini.

Baca Juga: FRONT: Crypto yang Melonjak 400% dalam 30 Hari, Apa Selanjutnya?

Selain itu, munculnya artificial intelligence dan aset dunia nyata sebagai katalisator pasar kripto berikutnya menunjukkan potensi pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan di sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi