Penggiat Film Hollywood Mogok Kerja, Netflix Malah Tawarkan Gaji Miliaran Rupiah untuk Posisi AI

author:

Penggiat Film Hollywood Mogok Kerja, Netflix Malah Tawarkan Gaji Miliaran Rupiah untuk Posisi AI

Di tengah mogok kerja yang dilakukan oleh Screen Actors Guild‐American Federation of Television and Radio Artists/Writers Guild of America (SAG-AFTRA/WGA) terkait penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam produksi film dan TV, Netflix sementara itu menawarkan posisi bagi pengembang AI dengan gaji yang sangat menarik. Posisi tersebut adalah Manajer Produk dan Direktur Teknikal dalam divisi R&D Labs dan Machine Learning mereka.

Posisi Baru dengan Gaji Miliaran, Apa yang Ditawarkan Netflix?

Baru-bru ini, Netflix mencari individu yang memiliki keahlian dalam AI untuk mengisi posisi Manajer Produk dan Direktur Teknikal. Dalam iklan pekerjaan tersebut, Netflix menyatakan bahwa mereka sedang membentuk posisi manajemen produk baru dengan tujuan meningkatkan efektivitas Platform Machine Learning mereka.

lowongan pekerjaan netflix
Daftar pekerjaan Netflix di LinkedIn – Sumber: LinkedIn

Baca juga: Pertama Kali! Model AI Terbaru Meta, Llama, Kini Tersedia di Alibaba Cloud

Posisi ini berlokasi di kantor pusat Netflix di Los Gatos, California, namun menawarkan fleksibilitas untuk bekerja secara remote. Gaji yang ditawarkan sangat menarik, berkisar antara $450,000 (Rp6,7 miliar) hingga $650,000 (Rp9,8 miliar) untuk posisi Direktur Teknikal dan $300,000 (Rp4,5 miliar) hingga $900,000 (Rp13 miliar) untuk posisi Manajer Produk.

Kedua posisi ini menuntut pengalaman dalam desain game dan domain machine learning. Yang menarik, tidak ada persyaratan eksplisit mengenai gelar perguruan tinggi untuk kedua posisi ini. Hal ini menunjukkan bahwa Netflix lebih mementingkan keahlian dan pengalaman praktis daripada kualifikasi akademik.

Mogok Kerja Hollywood: Bagaimana AI Menjadi Titik Kontroversi?

Di sisi lain, penggunaan AI dalam produksi film dan televisi telah menjadi titik kontroversi besar dalam negosiasi antara Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP) dan SAG dan Writers Guild of America (WGA). Penulis telah mogok sejak Mei 2023; para aktor bergabung awal bulan ini. Mogok kerja bersama pertama sejak 1960 ini mengancam untuk menghentikan seluruh aktivitas Hollywood.

Salah satu titik kontroversi bagi para aktor adalah bahwa kemiripan digital mereka bisa digunakan dan dikendalikan secara terus-menerus oleh studio, yang berpotensi mengurangi otonomi dan potensi pekerjaan di masa depan. Penulis telah menyuarakan kekhawatiran tentang bagaimana alat seperti ChatGPT mungkin mengambil alih dunia penulisan skenario dan bagaimana pekerjaan mereka mungkin berkurang menjadi mengedit naskah otomatis dengan bayaran lebih rendah.

AMPTP telah membantah deskripsi tersebut sebagai “penyimpangan” dari proposal mereka yang dimaksudkan untuk “mendapatkan dukungan untuk penghentian kerja mereka”. Namun, pernyataan ini tidak mengurangi kekhawatiran yang dirasakan oleh para penulis dan aktor.

Baca juga: Google, Microsoft, OpenAI, dan Anthropic Bersatu Membentuk Forum untuk Mengawasi AI!

Netflix dan Masa Depan Industri Film dengan AI

netflix tawarkan gaji miliaran untuk posisi ai
Sumber: Yahoo Finance

Posisi baru yang ditawarkan oleh Netflix ini menunjukkan betapa dalamnya kantong studio ketika mereka ingin membayar. Meskipun penulis melakukan mogok sebagian karena bayaran residual yang kecil yang membuat mencari nafkah di daerah pesisir sangat sulit, gaji eksekutif media telah mencapai miliaran dolar.

Netflix sendiri baru-baru ini membagikan bonus jutaan dolar yang diterima oleh eksekutifnya.

“Sementara investor telah lama mempersoalkan kompensasi eksekutif Netflix, struktur kompensasi ini lebih mencolok di tengah mogok kerja,” tulis presiden WGA West, Meredith Stiehm, menanggapi berita tersebut.

Situasi ini menunjukkan bahwa perusahaan seperti Netflix siap untuk berinvestasi besar dalam AI dan teknologi lainnya, meskipun hal ini dapat menimbulkan konflik dengan pekerja kreatif yang membentuk jantung industri film dan televisi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: