Neobank Kenalkan Soulbound NFT, Sistem Baru KYC untuk Para Pengguna?

Neobank Kenalkan Soulbound NFT, Sistem Baru KYC untuk Para Pengguna?

Neobank Cogni telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan soulbound NFT yang berisi informasi Know Your Customer (KYC) kepada holder dompet crypto. NFT berbasis Polygon akan mentransfer verifikasi KYC “Web2” pelanggan yang dilakukan oleh bank pada saat pembukaan rekening ke dalam Web3. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Apa Keuntungan Soulbound NFT untuk Para Pengguna?

apa itu soulbound nft
Sumber: Certik

Dilansir dari Cointelegraph, Cogni, yang memiliki cakupan Federal Deposit Insurance Corporation Amerika Serikat melalui bank tradisional New York, memperkenalkan dompet crypto multichain non-kustodian pada bulan Januari.

Pengguna dapat mengirim, menerima, dan menyimpan cryptocurrency dan NFT di dalam dompet. Pengguna secara opsional dapat mencetak NFT yang tidak dapat dipindahtangankan, yang kemudian dapat didekripsi oleh aplikasi terdesentralisasi (dApps) dengan izin pemiliknya.

Tujuan bank adalah untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

“Alasan mengapa para penikmat crypto belum benar-benar dapat mengikuti tren desentralisasi adalah, pertama, pengalaman pengguna. Yang kedua adalah kepercayaan pada ekosistem,” ujar Pendiri dan CEO Cogni Archie Ravishankar kepada Cointelegraph, Jumat (28/4/2023).

“Semua orang tahu cara menggunakan perbankan digital. Dompet crypto tersedia dalam pengalaman perbankan normal,” tambah Ravishankar.

Baca Juga: Sandbox Gandeng Ledger Enterprise untuk Mengamankan Bisnis Metaverse

KYC dengan Bantuan NFT

kyc nft
Sumber: Ledger Insight

Informasi KYC “tingkat bank” pada NFT sudah cukup untuk memenuhi standar KYC di AS, dan DApps yang bermitra akan memiliki akses ke sana tanpa harus melakukan apa pun.

Cogni berencana untuk membuat pasar DApps yang dapat ditautkan hanya dengan beberapa klik, termasuk bukti KYC.

Menurut Cointelegraph, penggunaan dompet non-kustodian telah meningkat dalam beberapa waktu terutama selama crypto winter.

Cogni soulbound NFT pada awalnya akan tersedia untuk pengguna tertentu dan akan mulai dibuka untuk umum pada musim panas yakni sekitar bulan Desember 2023 – Maret 2024.

Pada pertengahan Februari 2023, DZ Bank, bank terbesar kedua di Jerman, secara resmi telah berkolaborasi dengan Metaco, perusahaan teknologi Swiss, untuk menyediakan layanan penyimpanan aset digital kepada klien institusinya. Baca berita lengkapnya di Ramal Crypto Winter Akan Berakhir, Bank Terbesar di Jerman Ini Tambahkan Layanan Crypto

Referensi: