Negara Uni Eropa Pertama Adopsi Teknologi Anti-Quantum

Negara Uni Eropa Pertama Adopsi Teknologi Anti-Quantum

Dunia teknologi keamanan siber baru saja dikejutkan dengan kabar menggembirakan dari salah satu negara di Uni Eropa. Negara tersebut telah resmi mengadopsi teknologi anti-quantum yang dikembangkan oleh QANplatform. Teknologi ini menjadi langkah maju yang signifikan dalam melindungi infrastruktur keamanan siber milik pemerintah dari ancaman komputasi kuantum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Teknologi Anti-Quantum QANplatform

QANplatform merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi keamanan siber. Perusahaan ini telah berhasil menciptakan teknologi anti-quantum yang mampu melindungi sistem keamanan siber dari serangan komputer kuantum.

Teknologi ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip-prinsip mekanika kuantum untuk mengenkripsi data dan informasi penting. Dengan demikian, data tersebut menjadi sangat sulit untuk dipecahkan, bahkan oleh komputer kuantum sekalipun.

Baca Juga: Cuan Kripto Melonjak $37,6 Miliar di Tahun 2023, Asia Memimpin?

Adopsi oleh Negara Uni Eropa

proyek blockchain uni eropa
Sumber: Ledger Insights

Salah satu negara di Uni Eropa telah mengambil langkah berani dengan mengadopsi teknologi anti-quantum QANplatform. Negara tersebut menyadari pentingnya melindungi infrastruktur keamanan siber dari ancaman komputasi kuantum yang semakin nyata.

Meskipun nama negara tersebut tidak disebutkan secara resmi karena alasan keamanan nasional, namun langkah ini menjadi tonggak sejarah dalam upaya global untuk mengamankan dunia maya dari ancaman kuantum.

Baca Juga: 5 Altcoin Terbaik di Maret 2024

Perkembangan Komputasi Kuantum

Kemajuan teknologi komputasi kuantum telah menjadi perhatian serius bagi dunia keamanan siber. Komputer kuantum memiliki kemampuan pemrosesan data yang sangat cepat dan canggih, sehingga dapat memecahkan enkripsi data yang saat ini digunakan secara luas. Hal ini tentu saja menimbulkan ancaman besar bagi keamanan siber, terutama bagi infrastruktur penting milik pemerintah dan perusahaan besar.

Menghadapi ancaman komputasi kuantum, berbagai negara dan organisasi di dunia telah mengambil langkah-langkah persiapan. Uni Eropa, melalui Quantum Technologies Flagship, telah mengalokasikan dana sebesar €1 miliar untuk penelitian dan pengembangan teknologi kuantum. Amerika Serikat juga telah merilis National Cybersecurity Strategy yang menekankan pentingnya keamanan siber pasca-kuantum. Sementara itu, NATO dan World Economic Forum juga telah mengeluarkan strategi untuk mempersiapkan diri menghadapi era kuantum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi